Harian Nusantara

Fungsi Tandem Roller

review produk 150 View

Fungsi Tandem Roller

Dalam proses konstruksi kita membutuhkan sebuah alat untuk memperlancar kerja kita. Alat ini yang sering dinamakan dengan alat berat. Karena ukurannya yang besar dan bobotnya yang lumayan berat. Dengan alat berat ini mampu menyelesaikan permasalahan konstruksi yang membutuhkan tenaga yang besar. Alat berat ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya alat ini kita tak perlu repot lagi mengerjakan semuanya dengan manual dan menggunakan metode konvensional. Salah satu alat berat yang akan dibahas adalah Tandem Roller

Apa itu Tandem Roller?

Salah satu alat berat yang digunakan untuk proses konstruksi adalah tandem roller. Alat ini sangat membantu dalam proses pekerjaan pembangunan. Tandem roller memiliki peranan untuk memadatkan sekaligus merayakan tanah ataupun timbunan agar menjadi rata dan padat. Sangat penting dalam proses pembangunan jalan. Alat berat ini terdiri dari dua jenis. Pertama yaitu two axle tandem roller yang memiliki dua as. Sementara itu satu lagi adalah three axle yang memiliki tiga as. Untuk proses pembangunan jalan sangat dibutuhkan alat semacam ini. Baik untuk pembuatan jalan tanah, ataupun jalan yang memiliki kekerasan lentur.

Pada proses pengaspalan pun tetap dibutuhkan alat semacam ini. Terutama pada proses pemadatan hamparan campuran aspal panas atau hot mix. Hamparan aspal kemudian di break down rolling saat proses finishing. Alat ini disebut dengan nama tandem dikarenakan roda besinya yang dipasang segaris dengan roda belakang. Biasanya rodanya ada tiga buah. Pada pekerjaan pelapisan pondasi atau perata penetrasi biasanya menggunakan tandem roller model 3 wheel roller. Pemakaian alat ini jauh lebih efisien, karena ketika melakukan pelintasan terdapat dua kali pemadatan. Karena itulah, berat dari tendem roller ini tidak terlalu besar. Karena peralatan ini juga dilengkapi dengan roda besi yang bergetar. Baik roda depan ataupun roda belakang ikut bergetar, sehingga ground impact yang dihasilkan ke dua roda ini jauh lebih besar di permukaan hamparan. Karena memiliki jenis teknis berupa getaran maka orang orang juga biasa menyebutnya dengan vibrating tandem roller. Hal yang mempengaruhi getaran roda ini adalah frekuensi dan juga amplitude dari getaran. Untuk hasil pemadatan yang maksimum maka dipilih frekuensi yang tinggi serta amplitude yang kecil. Namun ini nantinya akan mempengaruhi kecepatan dari lintasan. Pergerakan jadi jauh lebih pelan dan bisa menurunkan kapasitas produksi yang dihasilkan. Untuk roda penggeraknya bisa salah satu ataupun keduanya atau anda juga bisa mengatur pada drive wheel.

Loading...

Fungsi Tandem Roller

Fungsi sebenarnya dari tandem roller adalah untuk melakukan pekerjaan penggilasan akhir. Contohnya saja pada pekerjaan yang membutuhkan penggilasan aspal beton membutuhkan alat ini dalam memperoleh hasil akhir yang rata. Pada masing-masing rodanya, alat ini memberikan lintasan yang sama. Untuk beratnya , alat ini memiliki bobot 8 sampai 14 ton, untuk menambah bebanmya maka anda bisa mengisi dengan air. Dengan begitu beban akan bertambah sampai 25-60%.

Untuk melakukan pekerjaan yang berat bisanya digunakan three axle tandem roller misalnya saja dalam membuat landasan pesawat terbang atau dalam pembuatan Pondasi jalan. Sementara itu untuk threeaxle tandem roller yang diberi tambahan satu roda di bagian depan serta diberikan perpanjangan Frame maka disebut dengan walking beam. Dengan walking beam bisa bergerak bebas naik turun sehingga menyesuaikan dengan ketidakrataan dari permukaan jalan. Dengan begitu alat ini akan menekan per satuan lebar dari rol dan bisa dipertahankan besarnya.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019