Harian Nusantara

Mendikbud: UNBK Jadi Masalah Sekolah yang Ada Di Perbatasan

Nasional 142 View

Mendikbud-UNBK-Jadi-Masalah-Sekolah-yang-Ada-Di-Perbatasan

Hariannusantara.comSistem Ujian Nasonal Berbasis Komputer (UNBK) sudah dilaksanakan beberapa tahun ini, namun sayangnya UNBK tidak menjamin semua sekolah bisa melaksanakannya dengan baik. Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memaparkan bahwa UNBK untuk Sekolah Menengah pertama (SMP) di daerah perbatasan masih menjadi masalah yang belum tuntas hingga saat ini.

“Kalau SMK dan SMA, saya kira tahun depan bisa melaksanakan UNBK hingga 100%. Cuma yang masih terkendala untuk tingkat SMP, teruta,a yang berada di perbatasan,” ujar Muhadjir, Senin (2/4/2018).

Karena hal inilah kemudian pihak Mendikbud memberikan afirmasi untuk SMP yang berada di daerah perbatasan maupun yang berada di daerah tertinggal. Kendati demikian, sudah banyak provinsi di Indonesia yang menjalankan UNBK untuk jenjang SMK 100%, diantaranya adalah Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Yogyakarya, DKI Jakarta, gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

Sementara untuk jenjang SMA provinsi yang siap menyelengarakan UNBK 100% adalah Aceh, Bangka Belitung, Banten, Yogyakarya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kailmantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sualwesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Untuk menyelenggarakan UNBK SMP 100% hanya dua provinsi yang menyatakan siap yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

“Untuk UNBK tingkat SMK dan SMA ini, baru ada 19 provinsi yang betul-betul 100 persen. Sisanya ada 80 persen dan 90 persen, yang paling rendah 60 persen,” jelas Muhadjir.

“Kami akan fokus ke daerah tertinggal yang selama ini belum siap melaksanakan UNBK. Kami juga memberikan perhatian khusus pada daerah yang masih menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) karena kelayakannya harus ditingkatkan,” imbunya.

Loading...
Copyright 2016 - 2018