Harian Nusantara

Wow, Robot Transformer Ternyata Ada Di Dunia Nyata!

Dunia 265 View

Wow,-Robot-Transformer-Ternyata-Ada-Di-Dunia-Nyata!

Hariannusantara.com – Sudah tak asing lagi film ‘Transformer’ dikalangan pecinta robot. Para penggemar tentunya sudah tahu jika film ini berisikan adegan peperangan para robot alien yang dapat berubah menjadi berbagai jenis kendaraan. Perubahan bentuk robot menjadi kendaraan tersebut sukses menyedot perhatian dan merupakan salah satu adegan yang ditunggu oleh para pecinta film ‘Transformers’ itu sendiri.

Walau tokoh robot alien tersebut hanya hasil khayalan belaka, namun di tangan tiga perusahaan Jepang, khayalan tersebut sudah berhasil diwujudkan di dunia nyata. Menurut laporan dari The Japan Times, tiga perusahaan asal Jepang telah melakukan kerjasama untuk pengembangan purwarupa robot yang digadang-gadang perwujudan dari Transformers. Proyek tersebut diberi nama J-deite Ride.

J-deide Ride sendiri merupakan robot humanoid yang memiliki tinggi 3,6 meter dan bisa merubah dirinya menjadi sebuah kendaraan. Selain bisa bertransfromasi, robot tersebut juga dapat dikemudikan seperti mobil pada umumnya. Namun tak sama dengan Transformers yang bisa bertempur, robot ini justru diperuntukkan sebagai wahana taman hiburan yang bisa menampung dua orang penumpang.

Menurut Kenji Ishida sebagai CEO Brave Robotics, inspirasi dari terwujudnya proyek tersebut berasal dari film animasi masa kecilnya. Sayangnya J-deite Ride belum bisa ditemukan di taman hiburan Jepang dalam waktu dekat ini karena masih diuji coba dalam pabrik. Walau demkian, robot yang memiliki berat 1,6 ton tersebut tetap berhasil menyedot perhatian publik.

J-deite Ride memiliki kemampuan berjalan dengan menggunakan dua kaki atau empat roda seperti mobil lainnya. Robot ini membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk bertransformasi dari robot menjadi mobil. Hasil kolaborasi antara Brave Robotics dengan perusahaan konsultan robot, Asratec dan juga Sansei Technologies yang merupakan produsen wahana hiburan ini rencananya akan dipamerkan di sebuah festival di Jepang pada 5 Mei 2018 mendatang.

Sebagai informasi tambahan, J-deite Ride juga akan melakukan debut di gelaran ‘IAAPA Attractions Expo 2018’ di Amerika Serikat pada bulan November 2018 mendatang.

Loading...
Copyright 2016 - 2018