Saksi Mata Ungkap Lion Air Meledak Setelah Jatuh Ke Air

Saksi Mata Ungkap Lion Air Meledak Setelah Jatuh Ke Air

Hariannusantara.com – Kapten Tugboat AS Jaya II, Rahmat Slamet, menjadi salah satu saksi mata yang pertama kali melihat pesawat Lion Air JT-610 terjatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10). Rahmat yang saat itu berada sekitar 1,3 kilometer dari lokasi kejadian mengaku sempat mendengar suara ledakan.

“Kami melihat sudah posisi jatuh, jadi tinggal kelihatan ekornya saja. Tapi jatuhnya tidak lihat. Jadi setelah jatuh, air naik, baru terdengar suara ledakan. Meledaknya setelah masuk air,” ungkap Rahmat dikutip dari laman Kumparan, Selasa (30/10/2018).

Ia mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Setelah mendengar ledakan, kapal Tugboat AS Jaya II langsung mendekat untuk mengamankan lokasi. Setelah itu, menurut Rahmat, ada beberapa kapal lain yang datang mendekat untuk membantu. Mulai dari kapal tugboat, hingga kapal tangki milik Pertamina yang kebetulan ada di sekitar lokasi.

“Setelah itu kita lapor lewat radio, baru saya mendekat untuk mengamankan lokasi, TKP, sambil mengambil barang-barang yang sekiranya akan diidentifikasi. Setelah kami mendekat, ada kapal lain yang datang, tugboat lain yang lewat mendekat juga. Ada juga supply dari Pertamina, abis itu ada Pullmar, setelah itu baru Basarnas datang sekitar pukul 09.00 WIB lewat,” lanjutnya.

Loading...

Baca juga:
– Tim SAR Temukan Potongan Tubuh Di Area Jatuhnya Lion Air JT-610
– Kotak Hitam Lion Air Kirim Sinyal Dari Dalam Laut

Pesawat Lion Air JT-610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Karawang, Jawa Barat, 13 menit setelah lepas landas. Pesawat berjenis Boeing 737 Max 8 ini diketahui baru beroperasi sekitar 2 bulan. Akibat insiden ini diprediksi 189 kru termasuk penumpang Lion Air JT610 ini meninggal dunia.