Manfaat dan Perbedaan Susu Evaporasi Dengan Kental Manis

Susu Evaporasi

Banyak sekali minuman dan makanan yang makin enak jika diberi tambahan susu. Akan tetapi, tidak semua susu baik untuk kesehatan tubuh. Susu evaporasi merupakan salah satu jenis susu sehat yang bisa menjadi pertimbangan.

Mungkin sebagian banyak orang lebih tahu susu kental manis dari pada susu evaporasi. Selama ini susu kental manis lebih banyak dikenal dan dijadikan tambahan untuk hidangan penutup seperti kue atau minuman dingin.

Sayangnya, dengan terlalu banyak mengonsumsi susu kental manis akan menyebabkan kelebihan konsumsi gula. Dengan begitu, baiknya untuk beralih untuk mengonsumsi susu evaporasi. Nah, dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai manfaat dan perbedaan susu kental manis dan susu evaporasi. Berikut ulasannya.

Loading...

Susu Evaporasi Adalah?

Susu evaporasi adalah susu yang terbuat dari susu sapi tanpa tambahan gula. Susu evaporasi bertekstur sedikit kental yang biasanya dijual dalam kaleng. Cara pembuatannya dilakukan dengan memanaskan susu sampai kadar air di dalamnya berkurang 60% sehingga kandungan air dalam susu berkurang dan teksturnya berubah lebih kental. Proses karamelisasi ini menjadikan warna susu evaporasi tidak terlalu putih sehingga cenderung kekuningan. Dengan konsentrasi ini, susu evaporasi cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Proses pemanasan susu evaporasi dalam kaleng memberikan rasa yang sedikit manis. Susu evaporasi dapat digunakan sebagai pengganti susu atau krim pada beberapa resep kue dan untuk campuran kopi seperti di beberapa negara.

Manfaat Susu Evaporasi

Mengonsumsi susu evaporasi bermanfaat bagi mereka yang mencoba untuk menambah berat badan atau meningkatkan asupan mineral. Susu evaporasi ini dapat membantu untuk menambah berat badan secara sehat karena padat gizi dan rendah gula.

Selain itu, susu evaporasi ini juga kaya akan mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang.

Perbedaan Susu Evaporasi dengan Susu Kental Manis.

Susu evaporasi dan susu kental manis memiliki bentuk yang hampir sama, yakni susu kental yang sudah dihilangkan kadar airnya sebanyak 60%. Namun sebenarnya, kedua susu ini memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut perbedaannya.

Rasa

Susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi dari pada susu evaporasi, dengan begitu, susu kental manis memiliki rasa yang lebih manis dari susu evaporasi. Susu evaporasi sendiri memiliki rasa yang gurih.

Kandungan Gula

Perbedaan yang mencolok dari kedua susu ini adalah dari kandungan gulanya. Dalam proses pembuatan susu kental manis, gula ditambahkan ke dalamnya setelah 60% kandungan air dalam susu dihilangkan. Setelah itu, susu dikemasi di dalam kaleng. Kandungan gulannya sendiri sekitar 40% hingga 45%.

Warna

Susu evaporasi biasanya berwarna tidak terlalu putih, cenderung sedikit kekuningan. Berbeda dengan susu kental manis yang memiliki warna putih layaknya susu biasa.

Penggunaan

Penggunaan susu kental manis biasanya digunakan untuk membuat hidangan penutup yang memiliki cita rasa yang manis, seperti pie, puding, es krim atau pemanis kopi dan tes. Dan untuk susu evaporasi lebih sering digunakan untuk memasak, dikarenakan cita rasanya yang gurih.

Tekstur

Dari segi tekstur, susu evaporasi memiliki tekstur yang encer seperti susu biasa, tetapi lebih pekat. Sementara itu, susu kental manis memiliki tekstur yang sangat kental dan padat.

Meski rasanya nikmat, konsumsi susu evaporasi maupun kental manis sebaiknya dikurangi, terutama oleh orang yang sedang diet. Ini karena keduanya mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menaikkan berat badan.