10 Daftar Negara Termiskin Di Dunia

861

10-Daftar-Negara-Termiskin-Di-Dunia

Hariannusantara.com – Semua Negara di dunia ini mempunyai tolok ukur untuk mendapatkan predikat Negara terkaya maupun termiskin. Hal tersebut dihitung berdasarkan GDP atau PDB merupakan ukuran pendapatan rata–rata penduduk suatu Negara per harinya.

Menurut Bank Dunia, Negara miskin adalah definisi dari Negara yang memiliki penghasilan US$ 2 per hari. Untuk mengetahui Negara-Negara mana saja yang termasuk Negara termiskin di dunia, mari simak ulasan berikut ini:

Republik Afrika Tengah – Negara termiskin pertama ditempati oleh Republik Afrika Tengah. Negara ini terletak di pedalaman Afrika denga jumlah penduduk 4 juta jiwa. Negara ibi mencatat perolehan GDP atau PDB terkecil di dunia yakni hanya sebesar US$ 640. Korupsi yang merajalela dan tata kelola pemerintahan yang amburadul diduga menyebabkan perekonomian yang sulit untuk berkembang.

Republik Demokratik Kongo – Republik Demokratik Kongo merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah. Negara dengan jumlah penduduk 67 juta jiwa ini hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$ 750. Ekonomi sulit berkembang akibat konflik masa lalu yangterus terjadi hingga saat ini.

Malawi – Negara Malawi negara yang masih terletak di Afrika, tepatnya di Afrika Selatan. Negara ini memiliki GDP atau PDB sebesar US$ 820. Tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiaan donor menjadi salah satu faktor penghambat terjadinya perbaikan yang lebih luas.

Liberia – Negara dengan jumlah penduduk 4 juta jiwa ini terletak di pesisir barat Afrika. Nilai GDP menunjukkan berada dikisaran US$ 935. Ekonomi negara rapuh akibat kemiskinan, buta huruf serta korupsi yang masih banyak terjadi di negara ini.

Burundi – Negara dengan penduduk 10 juta jiwa ini terletak di Afrika Tengah. Perolehan GDP/PDB hanya US$ 951. Korupsi yang merajalela, ketidakstabilan politik menyebabkan ekonomi negara ini sulit berkembang.

Nigeria – Nigeria merupakan negara yang terletak di Afrika Barat. Negara tersebut memiliki jumlah penduduk sebesar 173 juta jiwa. Negara tersebut hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$ 1.070.

Mozambik – Negara Mozambik terletak di Afrika bagian Selatan. Jumlah penduduk negara ini berjumlah 25 juta jiwa dengan nilai GDP/PDB yang kurang dari US$1.100.

Eritrea – Eritrea merupakan negara yang terletak di timur laut Afrika. Negara tersebut memliki GDP/PDB sebesar US$1.200. negara ini sudah berulang kali menerima sanksi dari PBB karena tiap tahunnya ribuan warga telah melarikan diri dari negara tersebut.

Guinea – Negara yang terletak di Afrika Barat tersebut memiliki nilai GDP/PDB sebesar US$1.400. perekonomian negara ini diperparah oleh kasus epidemi virus Ebola yang terjaditahun 2014 yang lalu. Selain itu, adanya ketidakstabilan politik juga mempengaruhi lambatnya perkembangan ekonomi negara tersebut.

Madagaskar – Urutan kesepuluh ditepati oleh negara Madagaskar. Negara tersebut memiliki nilai GDP/PDB  kurang dari US$ 1.500. Penduduk negara tersebut hanya berpendapatan dibawah US$ 2 per hari. Perselisihan politik dan tata kelola yang buruk dianggap menjadi faktor yang menyebabkan rusaknya pereknomian negara tersebut.