Harian Nusantara

Teks Prosedur – Pengertian dan Tujuan

teori 141 View

Terkadang ketika kita ingin membuat suatu hal semisal makanan, kita perlu membaca teks resep di internet atau menonton video tutorial agar kita bisa membuat makanan tersebut dengan baik dan benar. Teks resp di internet yang kamu baca tersebut bisa di kategorikan sebagai teks prosedur.

Bisa di simpulkan secara sederhana dari penjelasan diatas bahwa teks prosedur merupakan teks yang menyajikan langkah-langkah atau step by step dalam melakukan atau membuat suatu hal. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara tuntas perihal teks prosedur mulai dari pengertian hingga contoh-contohnya. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap dan detail mengenai tesk prosedur. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Apa Itu Teks Prosedur

Sebelum kita membahas lebih jauh dan detail mengenai teks prosedur, alangkah baiknya bila kita berkenalan terlebih dahulu dengan teks prosedur. Apa yang dimaksud dengan teks prosedur dan bagaimana contohnya? Teks prosedur dapat diartikan sebagai sebuah teks yang menyajikan step by step atau langkah demi langkah dalam melakukan suatu hal agar pembaca bisa turut serta mempraktekan apa yang mereka baca dalam teks prosedur tersebut.

Penjelasan dalam teks prosedur mulai dari awal hingga akhir. Sebagai contoh dari teks prosedur agar kamu lebih memahami adalah semisal teks prosedur yang membahas mengenai cara membuat kue donat. Maka teks prosedur tersebut akan di jelaskan dari proses awal sampai dengan proses akhir dari pembuatan donat tersebut. Itulah pengertian teks prosedur secara mudah dan sederhana yang bisa kamu pahami dan cermati dengan baik dan benar.

Loading...

Tujuan Dibuatnya Teks Prosedur

Setelah kamu mengetahui tentang pengertian dari teks prosedur tersebut, maka akan kami jelaskan selanjutnya apa tujuan dari sebuah teks prosedur. Jika kita menelisik dari pengertiannya saja, maka kita bisa menemukan tujuan teks tersebut dengan jelas. Karena teks tersebut berisi ulasan mengenai cara melakukan suatu hal, maka bisa di simpulkan bahwa tujuan dibuatnya teks prosedur adalah agar para pembaca atau orang yang membaca teks prosedur bisa melakukan hal serupa seperti yang di jelaskan dalam teks prosedur tersebut.

Agar kamu bisa memahami lebih jelas, akan kami berikan sebuah contoh. Semisal kamu membaca teks prosedur mengenai bagaimana cara dalam membuat mie goreng. Maka ketika kamu membaca teks prosedur tersebut kamu memiliki niat dan tujuan supaya kamu bisa memahami dan praktek membuat mie goreng sendiri dan sukses. Nah seperti itulah tujuan dari adanya teks prosedur yaitu agar pembaca bisa mempraktekan apa yang ada dalam teks.

Berbagai Jenis Teks Prosedur

Ada beberapa jenis teks prosedur yang harus kamu ketahui.  Jenis teks prosedur tersebut di kelompokan menjadi tiga jenis yaitu teks prosedur sederhana, kompleks dan juga protokol. Dari ketiga jenis teks prosedur tersebut, semuanya memiliki tujuan yang sama dan yang membedakan hanya cara penyajian dalam teks prosedur tersebut. Penjelasan selanjutnya akan kami uraikan satu per satu dari ketiga jenis teks prosedur tersebut. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks prosedur pertama yang akan kami jelaskan adalah teks prosedur sederhana. Pengertian dari teks prosedur sederhana adalah sebuah teks yang menyajikan langkah demi langkah atau step by step melakukan suatu hal secara sederhana dan langsung pada intinya. Jadi, teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang tidak terlalu banyak langkah-langkah dan hanya berisikan satu sampai tiga step dalam melakukan suatu hal. Jenis teks prosedur sederhana ini biasanya hanya di tulis pada bagian inti dari cara melakukan suatu hal tersebut dan pada bagian awal tidak di tulis dalam teks prosedur.

2. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur berikutnya yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini adalah teks prosedur kompleks. Jenis teks prosedur kompleks ini lawan atau kebalikan dari teks prosedur sederhana. Kalau teks prosedur sederhana menjelaskan secara singkat, lain hal dengan teks prosedur kompleks yang menjelaskan langkah-langkah atau step by step dalam melakukan suatu hal secara detail dan rinci. Teks prosedur kompleks ini akan menyajikan dengan jelas semua langkah demi langkah perihal melakukan hal yang di jelaskan dalam teks prosedur kompleks tersebut.

3. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur berikutnya yang akan kami jelaskan dalam artikel kali ini adalah teks prosedur protokol. Jenis teks prosedur yang satu ini bisa merupakan penggabungan dari teks prosedur sederhana dan teks prosedur kompleks. Teks prosedur protokol memiliki sifat yang fleksibel yaitu setiap langkah demi langkah bisa di bolak-balikan dan akan tetap menghasilkan sebuah teks prosedur yang baik. Langkah demi langkah yang tertuang dalam teks prosedur protokol dapat di ubah urutan dan tidak akan berpengaruh pada perubahan dari makna atau tujuan dari teks prosedur tersebut.

Itulah tiga jenis teks prosedur yang bisa kamu pahami dan terapkan dalam membuat teks prosesur.

Struktur Teks Prosedur

Agar kamu bisa membuat sebuah teks prosedur yang baik dan benar, maka kamu perlu memahami struktur yang terdapat dalam sebuah teks prosedur. Sebuah teks prosedur dapat di katakan baik dan benar bilamana menerapkan beberapa struktur yang akan kami jelaskan pada artikel yang ada di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa struktur yang menyusun sebuah teks prosedur menjadi baik dan benar serta juga menjadi teks prosedur yang sempurna. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Tujuan

Struktur pertama yang menyusun sebuah teks prosedur adalah adanya tujuan penulisan teks prosedur tersebut. Teks prosedur harus memiliki tujuan yang jelas agar ketika kita hendak menyusun teks tersebut kita bisa dengan mudah mengurutkan step by step atau langkah demi langkahnya. Sebagai contoh akan di buat sebuah teks prosedur yang menjelaskan mengenai cara mengisi pulsa ponsel android. Maka tentukan terlebih dahulu tujuan nya yaitu agar orang bisa mengisi ponsel android nya dengan pulsa. Setelah itu baru kita bisa lanjut ke struktur berikutnya.

2. Material

Struktur berikutnya yang menyusun sebuah teks prosedur adalah material. Tidak semua teks prosedur membutuhkan material. Namun untuk teks prosedur yang menjelaskan mengenai cara membuat makanan atau hal serupa, material tentu saja di butuhkan. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah teks prosedur yang menjelaskan mengenai cara memasak ayam goreng, maka kita memerlukan material atau bahan seperti ayam, minyak goreng, bumbu-bumbu dan lain sebagainya. Material ini berperan agar teks prosedur yang kita buat bisa menjadi lebih sempurna dengan rincian langkah-langkah yang detail sehingga memudahkan orang yang akan melakukan praktek setelah membaca teks prosedur tersebut.

3. Langkah-Langkah

Struktur berikutnya yang menyusun sebuah teks prosedur adalah langkah-langkah. Bagian langkah-langkah bisa di bilang sebagai inti dari teks prosedur tersebut. Karena pada bagian langkah-langkah inilah yang akan di praktekan oleh para pembaca. Karena pada bagian langkah-langkah merupakan struktur terpenting dan menjadi inti dari teks prosedur, maka pada bagian langkah-langkah harus di tulis dengan bahasa dan kalimat yang jelas serta mudah di pahami oleh para pembaca agar para pembaca tidak salah memahami yang akan berujung pada kegagalan praktikum.

Itulah struktur-struktur yang menjadi penyusun dalam sebuah teks prosedur agar menjadi sebuah teks prosedur yang baik dan benar juga sempurna dalam hal penjelasan dan maksud serta tujuan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Setelah kamu memahami struktur yang menyusun sebuah teks prosedur, berikutnya akan kami jelaskan terkait ciri-ciri dari teks prosedur yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman dalam membedakan mana teks prosedur dan mana yang bukan teks prosedur. Berikut ini adalah ciri-ciri spesifik yang melekat pada sebuah teks prosedur. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Menggunakan Kalimat Imperatif

Ciri-ciri pertama dari sebuah teks prosedur adalah kalimat yang digunakan adalah kalimat yang imperatif. Kalimat imperatif ini merupakan sebuah kalimat yang mengandung unsur perintah. Dalam teks prosedur setiap kalimat yang tersaji harus mengandung unsur perintah atau imperatif agar para pembaca dapat memahami dengan jelas setiap langkah-langkah yang harus mereka lakukan ketika membaca step by step yang tersaji dalam tesk prosedur.

2. Kata Kerja Yang Digunakan Adalah Kata Kerja Aktif

Ciri-ciri berikutnya dari sebuah teks prosedur adalah kata kerja yang digunakan dalam teks prosedur adalah kata kerja yang aktif. Kata kerja sendiri ada dua yaitu kata kerja pasif dan kata kerja aktif. Nah, pada teks prosedur kata kerja yang digunakan harus kata kerja aktif. Sebagai contoh ketika kamu ingin membuat teks prosedur, maka bila kamu menggunakan kata goreng, imbuhan kata di depan harus menggunakan kata kerja yang aktif yaitu kata me. Jadi, kata kerja tersebut adalah menggoreng, bukan di goreng.

3. Penggunaan Struktur Bahasa Yang Baik

Ciri-ciri berikutnya dalam sebuah teks prosedur adalah bahasa yang digunakan dalam menyusun teks prosedur harus baik dan benar serta juga mudah di pahami. Ketika kamu membuat sebuah teks prosedur, maka kamu harus menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh banyak orang agar ketika mereka membaca teks prosedur tersebut maka pembaca tidak merasa kebingungan dan salah paham. Karena bila kamu menggunakan bahasa yang sarkas atau satire dalam menulis teks prosedur, maka belum tentu semua orang akan memahami maksud dari setiap kalimat mu dan bisa jadi teks yang kamu buat itu tidak masuk dalam jenis teks prosedur.

Nah itulah beberapa ciri-ciri yang harus kamu pahami agar bisa membedakan mana teks prosedur dan mana yang bukan teks prosedur.

Contoh teks prosedur

Setelah kami menjelaskan berbagai macam hal mengenai teks prosedur, berikutnya akan kami berikan beberapa contoh teks prosedur yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika akan menulis teks prosedur atau mungkin salah satu dari contoh teks di bawah ini bisa kamu praktekan jika sesuai dengan ekspektasi mu. Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur yang bisa dijadikan referensi untuk membuat teks prosedur sendiri.

1. Contoh Teks Prosedur Memasak Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang mudah di masak dan hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit saja. Berikut ini adalah cara memasak mie instan step by stepnya :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu peralatan dan bahan yang di perlukan dalam memasak mie instan.
  2. Peralatan dan bahan memasak mie instan antara lain adalah satu bungkus mie instan, mangkok, alat memasak, sendok dan lain sebagainya.
  3. Setelah semua bahan telah di siapkan, langkah selanjutnya adalah kamu taruh air secukupnya pada peralatan masak semisal panci kecil.
  4. Setelah air di siapkan, tahapan selanjutnya adalah menyalakan kompor gas dan meletakan panci kecil yang telah berisi air tersebut di atas bara api pada kompor gas. Tunggu beberapa saat sampai air sudah mendidih.
  5. Sembari menunggu air mendidih, buka terlebih dahulu kemasan dari mie instan dan pisahkan antara mie dan bumbu-bumbu di dalamnya.
  6. Kupas semua bumbu dalam mie instan dan tuangkan pada piring atau mangkok yang telah di siapkan.
  7. Jika di rasa air telah mendidih, tahapan selanjutnya adalah kamu masukan mie instan ke dalam panci yang berisi air mendidih tersebut.
  8. Tunggu sampai satu hingga lima menit sampai dengan mie instan yang semula keras berubah menjadi lunak. Setelahnya kamu matikan terlebih dahulu kompor gas tersebut.
  9. Tiriskan mie instan tersebut dan kamu tuangkan ke dalam mangkok yang telah berisi bumbu-bumbu mie instans tersebut.
  10. Beri air secukupnya pada mie instan dan aduk hingga antara mie instan dan bumbu-bumbu tersebut tercampur merata dan sempurna.
  11. Terakhir, mie instan siap kamu santap selagi masih hangat.

Nah itulah teks prosedur cara memasak mie instan.

2. Contoh Teks Prosedur Menyalakan Ponsel Android

Ponsel android merupakan peralatan elektronik yang lumrah dan sudah banyak digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Untuk dapat memainkan ponsel android perlu di nyalakan terlebih dahulu. Berikut adalah teks prosedur menyalakan ponsel android.

  1. Langkah pertama adalah kamu menekan tombol on off yang berada di sisi kanan bagian atas dari ponsel android.
  2. Tekan dan tahan selama beberapa detik sampai ponsel android tersebut melakukan proses loading system.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses booting tersebut selesai dilakukan dan ponsel android tersebut sudah siap kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan.

Nah itulah teks prosedur menyalakan ponsel android.

3. Contoh Teks Prosedur Uninstal Aplikasi Android

Aplikasi di dalam ponsel android memiliki berbagai macam fungsi dan kegunaan. Aplikasi bisa menjadi hiburan dan sekaligus media untuk melepas lelah dan penat. Namun jika kamu sudah bosan memainkan aplikasi dalam ponsel android tersebut, maka kamu bisa melakukan uninstal aplikasi tersebut. Berikut ini teks prosedur dalam melakukan unsinstal aplikasi di ponsel android.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari terlebih dahulu aplikasi di ponsel android mu yang ingin kamu hapus atau uninstal.
  2. Setelah aplikasi tersebut kamu temukan, tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah kamu klik dan tahan aplikasi tersebut hingga kamu di bawa ke halaman depan layar ponsel.
  3. Kamu tetap tahan aplikasi tersebut dan kemudian kamu tarik ke atas dan kamu masukan pada ikon tong sampah yang berada di bagian atas dalam layar ponsel.
  4. Setelah itu akan muncul tulisan disclamer yang menyatakan apakah kamu yakin menghapus aplikasi tersebut. Kamu pilih dan klik tulisan YA dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut berhasil kamu hapus atau uninstal.

4. Contoh Teks Prosedur Membuat Popcorn

Popcorn merupakan makanan yang di olah dari bahan dasar jagung. Di pasaran popcorn merupakan makanan yang gurih dan sangat tepat di jadikan sebagai teman ketika menonton film terkini di bioskop. Berikut ini adalah teks prosedur membuat popcorn.

  1. Langkah pertama adalah kamu siapkan terlebih dahulu bahan dasar berupa jagung popcorn. Jagung popcorn berbeda dengan jagung biasa pada umumnya.
  2. Ciri-ciri jagung yang bisa di jadikan sebagai popcorn adalah pada bagian ujung dari jagung tersebut terlihat runcing dan memiliki ukuran yang kecil dan tidak gemuk.
  3. Setelah kamu menyiapkan bahan dasar berupa jagung, tahapan berikutnya adalah kamu melakukan proses penggorengan.
  4. Siapkan wajan dan penutupnya serta minyak dengan porsi tiga sendok makan saja. Kemudian kamu nyalakan kompor gas dan tunggu setelah beberapa saat sampai di rasa minyak telah sedikit panas.
  5. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menuangkan satu comot jagung ke dalam wajan tersebut. Tutup bagian atas dari wajan agar jagung tidak muncrat kemana-mana.
  6. Tak perlu menunggu waktu yang lama, maka jagung tersebut akan berubah wujud menjadi popcorn dengan tanda terdengar bunyi berisik ketika jagung tersebut meledak dan menghantam penutup wajan.
  7. Setelah tidak terdengar bunyi berisik dari jagung tersebut, dengan segera kamu matikan kompor gas dan kamu serok popcorn tersebut.
  8. Tahapan terakhir adalah kamu beri dengan berbagai macam varian bumbu agar jagung popcorn tersebut bisa gurih dan enak di lidah.

Nah itulah teks prosedur dalam memasak atau membuat popcorn.

5. Contoh Teks Prosedur Membuat Layang-layang

Layang-layang merupakan permainan anak kecil yang menyenangkan. Ketika bermain layang-layang seorang anak kecil akan merasa seperti seorang pilot yang sedang berusaha mengendarai pesawatnya diatas udara. Layang-layang banyak tersedia di warung-warung, namun akan lebih keren bila kita membuat layang-layang sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat layang-layang.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan baku seperti tali, bambu yang telah di potong dan di bentuk tipis, kain lambar dan juga lem.
  2. Setelah semua bahan sudah kamu siapkan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membentuk kerangka layangan tersebut dan ikat bagian tengah dari layangan tersebut dengan menggunakan tali atau benang.
  3. Kemudian pada setiap sudut dari bambu tersebut ikat benang hingga membentuk kerangka yang sempurna.
  4. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasang kain lambar pada bagian kerangka dari layangan tersebut. Lem setiap ujung dari kerangka layangan dan kain lambar kemudian potong sesuai dengan kerangka.
  5. Langkah terakhir adalah kamu beri lubang dua pada bagian atas lembar layangan dan dua juga pada bagian bawah dari layangan guna untuk memasang kain benang yang akan digunakan untuk menerbangkan layangan.

6. Maka layangan tersebut sudah siap untuk kamu mainkan.

Nah itulah teks prosedur dalam membuat layang-layang yang dapat kalian ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar.

6. Contoh Teks Prosedur Mengganti Lampu

Lampu merupakan alat penerangan yang ada di setiap rumah dan di sepanjang jalan yang membutuhkan penerangan. Ada kalanya lampu tersebut mati di karenakan rusak dan sebagainya. Berikut ini adalah teks prosedur dalam mengganti lampu rumah yang rusak.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan terlebih dahulu bahwa saklar dari lampu tersebut tidak sedang dalam keadaan menyala atau on. Karena ketika masih menyala bisa berbahaya dan kamu bisa tersengat listrik.
  2. Setelah itu kamu copot lampu tersebut secara pelan-pelan dan kemudian kamu ganti dengan lampu yang baru.
  3. Langkah terakhir adalah kamu nyalakan kembali saklar lampu tersebut dan maka lampu yang tadinya rusak menjadi menyala kembali.

Nah itulah teks prosedur dalam mengganti lampu rumah yang rusak.

7. Contoh Teks Prosedur Mendownload Game Di Playstore

Playstore merupakan platform yang bisa digunakan untuk mendownload game ataupun aplikasi bagi para pengguna ponsel android. Pada platform playstore memiliki berbagai macam game dan aplikasi yang bisa di download secara gratis dan ada pula game yang harus membayar terlebih dahulu jika ingin mendownloadnya. Berikut ini adalah teks prosedur mendownload game melalui platform playstore.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi playstore dan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun google mail.
  2. Setelah itu kamu akan masuk pada halaman beranda depan dari aplikasi atau platform google playstore tersebut.
  3. Pada halaman beranda dari aplikasi google playstore tersebut kamu klik kolom pencarian yang berada di bagian paling atas.
  4. Ketikan keyword atau kata kunci dari game yang ingin kamu download.
  5. Setelah kata kunci kamu tulis, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah klik tombol search maka akan di proses untuk menampilkan hasil penelusuran dari kata kunci yang kamu ketikan.
  6. Kamu pilih game yang ingin kamu download. Pada halaman deskripsi dari game tersebut kamu klik tulisan download.
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses unduh game tersebut berhasil kamu lakukan dan setelah itu kamu melakukan instalasi game yang telah kamu download.
  8. Setelah proses instalasi game tersebut berhasil kamu lakukan, maka game yang telah kamu download tersebut sudah bisa kamu mainkan.

Nah itulah teks prosedur dalam mendownload game di platform google playstore.

8. Contoh Teks Prosedur Memprogram Channel Antena Parabola

Antena parabola merupakan saluran yang bisa digunakan untuk menjangkau berbagai macam channel televisi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk dapat menyaksikan tayangan televisi yang kamu inginkan, maka terlebih dahulu kamu harus melakukan program dengan menggunakan remote parabola tersebut. Berikut ini adalah teks prosedur memprogram channel antena parabola.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu tekan tombol menu yang berada pada remote control dari antena parabola tersebut.
  2. Akan muncul beberapa menu-menu yang bisa kamu pilih. Pada menu tersebut kamu pilih dan klik menu pengaturan program.
  3. Pada menu pengaturan program tersebut kamu pilh dan klik lagi sub menu di dalamnya yang bertuliskan scan otomatis.
  4. Kamu pilih jenis saluran yang kamu inginkan. Setelah itu kamu klik ok.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses scan channel televisi tersebut selesai di lakukan.
  6. Setelah selesai, maka kamu sudah bisa menikmati tayangan televisi yang terjaring saat proses scan otomatis tadi.

Nah itulah teks prosedur dalam melakukan program channel televisi di antena parabola.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai teks prosedur beserta dengan contohnya. Sekian dan terima kasih.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019