Harian Nusantara

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Kertas

rekomendasi 186 View

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Kertas

Membuat kerajinan tangan dari kertas ternyata banyak manfaatnya. Selain bisa menghasilkan hiasan yang unik dan cantik. Membuat hiasan dari kertas bisa meningkatkan kreativitas kita terutama bagi anak anak. Aktivitas membuat kerajinan tangan ini akan melatih kemampuan mengolah informasi dan meningkatkan syaraf motorik sehingga bisa berdampak pada perkembangan otak sang buah hati. Anda bisa mengajarkannya sembari membuat hiasan untuk memperindah rumah anda. Berikut ini rekomendasi Inspirasi Kerajinan Tangan dari Kertas  yang bisa dijadikan inspirasi.

Hiasan Kupu-Kupu

Pertama anda bisa membuat hiasan berbentuk kupu-kupu. Hiasan Kupu-Kupu ini sangat manis dan cantik di tempatkan di berbagai tempat. Anda bisa menempatkannya baik di buku harian, sebagai pemanis bingkai foto, atau anda juga bisa memajangnya di dinding rumah. Untuk lebih cantik lagi anda bisa menggantungkan kupu kupu kertas ini menggunakan tali di langit langit rumah. Membuat ruangan anda tampak lebih manis.

Untuk memulai membuat hiasan kertas berbentuk kupu-kupu ini anda harus menyiapkan beberapa bahan. Seperti kertas origami yang memiliki warna bermacam macam, pensil, pita hias, dan juga penggaris. Pertama tama anda bisa membuat pola bergambar kupu-kupu di kertas origami. Menggunakan pensil dan juga penggaris. Setelah pola kupu-kupu jadi maka anda bisa melipat kertas origami tersebut ke arah depan dan juga belakang. Setelah itu anda bisa mebgikatkan sisi tengah bagian kelas origami menggunakan tali. Pastikan ikatan dan juga tali yang anda gunakan adalah tali yang kuat sehingga kupu-kupu hiasan tidak mudah copot. Langkah berikutnya adalah dengan merencanakan sayap dari kupu kupu tersebut agar tampak seperti kupu-kupu sungguhan.

Loading...

Burung Kertas

Selain kupu kupu gantung, Anda juga bisa membuat hiasan kertas berbentuk burung yang bisa anda gantungan di langit langit rumah anda. Dengan memadukan antara hiasan kupu kupu dan hiasan burung pastinya membuat ruangan anda tampak lebih menarik dan meriah. Suasana di rumah and akun jadi tampak lebih nyaman. Pasukan juga warna yang beragam untuk hiasan ini agar semakin colorfull.

Cara membuat hiasan burung ini sangatlah mudah. Pertama tama anda bisa melipat kertas sehingga bentuknya menjadi segitiga. Pastikan juga sisi berwarna dari kertas origami berada di dalam lipatan. Langkah selanjutnya adalah dengan mengambil salah satu bagian dari sisi origami. Tarik dan lipat ke bagian tengah selanjutnya bagian atasnya dilipat ke belakang. Lalu lipat secara terbalik ke bagian luar dari origami. Lipat bagian bawah ke depan dan juga ke arah belakang sesuai dengan pola  burung. Untuk bagian kepala burung anda bisa membuatnya dengan cara melipat ke dalam. Sisi kiri juga di lipat ke dalam sementara itu ekornya dilipat keluar. Maka jadilah burung hiasan gantung siap dipajang dan diganti tu nekan dilansir langit rumah anda.

Pop-up Card

Salah satu kerajinan dari kertas yang sedang populer saat ini salah kerajinan pop up card. Dengab kerajinan pop up ini anda akan terlatih untuk mengasah kreativitas. Pop-up inu bisa digunakan baik sebagai kartu ucapan, kartu undangan, atau kado pemberian untuk teman teman anda. Dengan desain yang unik pastinya si penerima akan merasa senang. Untuk itu disini kami akan memberikan tutorial membuatnya

Sebelum memulai ada baiknya akan menyiapkan gunting, kertas lipat, kertas asturo, pensil, penggaris dan juga lem. Untuk membuat kerajinan ini andaikan memotong kertas sesuai dengan pola yang diinginkan

Padukan juga dengan teknik menekuk agar tampak lebihcantik. Untuk mempermanis seni pop up, Anda bisa menambahkan berupa manik.manik. Tambahkan juga bunga ataupun kupu kupu hiasan dari kertas agar lebih meriah.

Tas Jinjing

Selain sebagai hiasan ternyata kerajinan kertas ini juga bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya adalah sebagai tas atau yang kita kenal dengan paper bag. Paper bag yang memiliki desain dan bentuk yang unik ini bisa dijadikan pemberian dan kado kepada teman teman anda. Cara membuat kerajinan ini sangatlah mudah. Siapkan bahan bahan seperti kertas kado atau kertas lainnya, perekat, gunting, tali pegangan, dan punch Hole. Jika bahan bahan tadi berhasil anda siapkan langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggantung kertas kado sesuai dengan besar yang ingin anda buat. Setelah itu anda bisa melebihi ukuran dari panjang dan tinggi pola kertas. Ukurannya adalah dua kali dari ukuran barang yang hendak anda masukkan ke dalam  paperbag.

Berikutnya anda tinggal menempelkan double tape pada bagian samping. Rekatkan double tape mulai dari bagian atas hingga bagian bawah. Lipat sisi bawah kertas sehingga bentuknya menyerupai segitiga begitu juga  dengan sisi atas dan juga sisi bawa.

Rekatkan bagian atas dan bawah namun jangan sampai menempel pada sisi kertas. Kemudian anda bisa menggunting bagian ujung ujungnya. Jangan lupa untuk membuat empat lubang dengan pembolong kertas dengan jarak yang sejajar. Setelah berlubang anda bisa memasukkan tali pada lubang tersebut. Lalu ikatlah dan buat simpul sebagai pegangan. Dan paper bag anda sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Paper Craft

Selanjutnya anda juga bisa membuat kerajinan kertas yang merupakan teknik dari memotong , menyambungkan dan melipat kertas. Seni kerajinan ini disebut dengan paper craft. Dengan seni paper craft ini anda bis amembutuhkan berbagai objek seperti rumah, mobil, hewan, bunga atau wajah manusia. Untuk memulainya anda perlu menyiapkan pola atas objek yang hendak anda buat. Untuk membuat paper craft ini anda bisa mengunduh pola pada situs web yang menyediakan pola pola paper craft. Situs web ini adalah Papertoys. Setelah pola dari paper craft berhasil anda unduh maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan bahan seperti kertas, gunting, lem dan juga printer. Selanjutnya cara mengeksekusinya sangat mudah. Cetak dahulu pola yang sudah Anda unduh, selanjutnya anda bisa mengguntingnya dan menekankan sesuai pola. Butuh ketelatenan dan ketelitian dalam memulai kerajinan ini. Selamat mencoba

Perahu Layar Pinisi

Ternyata hanya berbekal kertas dan sedikit kreativitas kita bisa membuat apa saja yang kita inginkan. Salah satunya adalah membuat hiasan perahu layar Pinisi. Bahan bahan yang anda butuhkan adalah gunting, lem kertas, pensil, kertas bekas, penggaris dan bahan tambahan hiasan lainnya. Untuk membuatnya anda bisa melintang kertas berbentuk tiang dengab panjang sekitar 15 cm. Buatlah sebanyak 4 buah. Selanjutnya anda bisa merekatkan ujung tiang tersebut. Rekatkan hingga menyatu lalu tekuk bagian tengahnya. Bagian ujung bisa anda tambahkan kertas horizontal setelah itu anda bisa memotong kertas untuk mengisi bagian bawah. Lakukan juga untuk bagian sisi kiri dan kanan. Selanjutnya anda bisa membuat tiang dan memasang layar pada kapal Pinisi tersebut. Asalkan kreativitas anda. Selamat mencoba.

Pigura Kertas

Ternyata kertas juga bisa lho dibuat pigura. Untuk membuat pigura ini siapkan kertas yang tebal. Gunakan juga kertas warna warni untuk mempercantik pigura tersebut. Sebagai hiasan anda juga bisa menambahkan gulungan kertas tebal. Bahan yang perlu anda siapkan antara lain kardus bekas, gunting, lem, pisau dan juga foto untuk dipajang. Pertama tama anda bisa memotong dua lembar kardus pastikan ukurannya lebih lebar dari foto anda. Potong juga satu kardus yang digunakan untuk muka foto yang disesuaikan ukurannya. Tempel foto di antara kedua kardus tersebut selanjutnya anda bisa memberikan bingkai sebagai penyangga di sisinya. Sebagai hiasan anda juga bisa memotong majalah dan hiasan lain kemudian rekatkan dengan lem. Kreasikan agar lebih cantik.

Vas Bunga

Bahkan kertas ini juga bisa lho anda jadikan vas bunga. Siapkan botol plastik, kertas hias, kertas koran, lem kertas, cutter, lem tembak dan tali. Caranya pun sangat mudah, potong bagian tengah botol dengan menggunakan cutter. Selanjutnya anda bisa melinting kertas sebanyak banyaknya. Olesi lem sebagai perkat kertas gulungan. Tempelkan kertas gulungan menyerupai bentuk botol. Selanjutnya hias gulungan botol tersebut agar lebih cantik. Tambahkan juga tali untuk menggantungkannya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019