Harian Nusantara

Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Unik

rekomendasi 257 View

Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Unik – Barang bekas untuk sebagian orang tentu merupakan sebuah permasalahan. Hal tersebut karena barang bekas dianggap sampah yang sama sekali tidak berguna. Anggapan tersebut memang tidak salah mengingat setiap orang tentu memiliki daftar barang-barang yang berbeda untuk digunakan.

Jika menurutmu barang bekas sudah tidak bisa dimanfaatkan, sepertinya hal tersebut tidak terlalu benar. Pasalnya, barang bekas tersebut mungkin tidak berguna bagi sebagian orang saja. Untuk orang lain, barang bekas bisa saja menjadi sebuah benda yang memiliki nilai guna kembali dengan cara diolah menjadi sebuah kerajinan tangan. Berikut ini ada beberapa Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Unik yang bisa menjadi referensi.

1. Pemanfaatan botol minuman bekas menjadi tempat pensil lucu – hamparan.net

Untuk contoh yang pertama ada sebuah ide kreatif pengolahan barang bekas menjadi sebuah tempat pensil. Barang bekas yang digunakan adalah botol minuman kosong yang untuk kebanyakan orang hanya menjadi sebuah sampah tidak berguna. Untuk mengolahnya menjadi sebuah tempat pensil, potong terlebih dahulu pada bagian atas dan bawah. Bagian atas botol bisa dibuang begitu saja, namun bagian bawahnya harus tetap ada dan nantinya diletakan terbalik untuk kemudian dimasukkan ke dalam silinder botol. Jika botol yang digunakan memang sudah rata pada bagian bawahnya, kamu bisa membuatnya tanpa perlu memotong pada bagian bawah. Hal tersebut bertujuan agar tempat pensil bisa berdiri dengan kokoh meski sedang dalam kondisi kosong.

Loading...

Untuk menghiasnya, diperlukan cat acrylic dengan warna kuning, biru, putih, hitam, dan abu-abu. Dengan beberapa warna tersebut, botol bekas tadi bisa dilukis dengan motif karakter minion yang sangat disukai oleh anak-anak. Tentunya tempat pensil model ini bisa dijual kembali dengan target pasar anak-anak.

2. Kreasi pot bunga dari botol bekas – lifepal.co.id

Masih dengan bahan baku yang sama, kamu bisa membuat aneka kreasi pot bunga dari botol bekas. Botol bekas yang cocok digunakan adalah model kemasan soda karena memiliki kaki yang unik. Kaki tersebut nantinya bisa dilubangi sebagai tempat sirkulasi air sehingga nantinya tidak terjadi banjir pada saat penyiraman tanaman.

Untuk model dalam contoh, karakter yang digunakan adalah kucing yang lucu. Kucing tersebut dibuat memiliki dua kuping yang sejajar. Selain itu, digunakan juga warna putih sehingga memberikan kesan imut. Selain itu, detail kucing semakin terlihat menarik ketika diberi beberapa warna lucu pada bagian pipi, telinga, dan hidung. Untuk tanaman yang bisa digunakan tentu hanya sebatas tanaman kecil saja. Pot bunga ini nantinya bisa diletakan pada meja belajar maupun untuk menghias meja ruang tamu.

3. Tempat sampah dari kardus bekas – Youtube @Titiz Craft

Selain botol bekas, kreasi dari kardus bekas juga cukup menarik untuk dibuat. Sebagai contoh, kardus bekas cukup menarik untuk digunakan sebagai bahan membuat tempat sampah yang lucu. Model tempat yang digunakan tentu berbentuk kotak untuk memudahkan proses pembuatannya. Untuk bagian atasnya, perlu dilakukan pemotongan berbentuk segitiga dan membentuk seperti atap. Untuk tutupnya digunakan juga kardus bekas yang diambil bagian sikunya untuk nantinya menjadi sebuah atap yang fleksibel. Proses buka tutup tempat sampah tersebut menggunakan sistem dorong dan akan menutup kembali karena bentuknya yang simetris.

Untuk hiasan yang digunakan pada contoh tersebut, digunakan warna pink yang terlihat kalem namun lucu. Pada bagian detail juga ditambahkan warna hitam sebagai motif mata yang menarik untuk digunakan. Bagian atapnya sendiri menggunakan warna biru muda untuk membedakan mana bagian tutup dan mana bagian badan.

4. Mengubah gelas plastik bekas menjadi bunga hias yang indah – Youtube @idetrik

Gelas plastik merupakan salah satu penyumbang sampah plastik yang setiap hati terus meningkat. Untuk mengurangi permasalahan tersebut, gelas plastik bisa digunakan sebagai hiasan yang indah. Caranya adalah dengan menggunting gelas plastik tersebut menjadi bunga yang indah. Tentunya bunga tersebut akan lebih menarik ketika diberikan sentuhan menggunakan cat. Botol plastik tersebut bisa dibuat menjadi bunga, daun, batang, dan bahkan vas bunga.

5. Lampu gantung dari botol kaca – RumahMesin

Jika sebelumnya sudah ada beberapa contoh mengenai kreasi dari botol plastik bekas, pada contoh yang satu ini sedikit berbeda dari yang lain. Kamu bisa menggunakan botol kaca untuk membuat hiasan lampu. Botol kaca yang akan digunakan terlebih dahulu harus dipotong pada bagian tengahnya. Terkadang botol kaca juga sudah memiliki warna yang cantik, namun untuk beberapa botol diperlukan juga stiker atau pewarna untuk membuat lampu tadi lebih menarik ketika menyala. Untuk membuat lampu gantung ini aman digunakan, pada bagian bawah wajib hukumnya diamplas. Untuk lampu yang digunakan menggunakan jenis lampu yang memancarkan warna putih. Proses penggantungan lampu tadi juga bisa dilakukan dengan bantuan kawat yang nantinya menjadi jalur kabel lampu.

6. Kreasi unik dari cangkang telur bekas – satujam.com

Untuk model yang satu ini kamu sangatlah menarik bila dibandingkan dengan model lainnya karena menggunakan bahan organik. Bahan yang digunakan adalah cangkan telur bekas yang bagi kebanyakan orang tentu dibuang begitu saja. Cangkang telur yang bisa digunakan adalah yang masih tergolong utuh dan retak hanya pada bagian atas saja. Pada model ini kamu kamu perlu juga sebuah media untuk membuat cangkang telur tersebut berdiri, seperti piring plastik kecil. Tanaman yang bisa digunakan tentu hanya tanaman kecil. Kreasi pot bunga mini ini bisa kamu letakan pada bagian dalam rumah seperti pada meja kerja maupun di atas lemari pendingin.

7. Kreasi tempat pensil unik dari stik es krim – kerajinantangankita.com

Untuk model yang satu ini pada dasarnya cukup sering digunakan, namun masih menjadi salah satu benda yang menarik untuk digunakan. Model tempat pensil yang satu ini bisa dibuat hanya dengan cara menyusun dan mengelem stik es krim menjadi sebuah bentuk yang unik dan menarik. Dari segi desain pada contoh yang satu ini digunakan motif memutar seperi sebuah silinder. Untuk membuat tempat pensil ini bisa berdiri, diperlukan sebuah dudukan kaki yang kokoh yaitu dengan membuat dasaran dari stik es krim. Tujuannya adalah agar tempat pensil tetap bisa berdiri kuat meski sedang terisi penuh oleh pensil. Untuk menambahkan detail, ditambahkan juga beberapa hiasan kecil dari kombinasi stik es krim dan kain flanel membentuk lambang hati yang berwarna merah. Stik es krim yang digunakan tidak harus yang bekas, kamu bisa membeli stik es krim yang masih bersih di toko bahan makanan dan juga beberapa toko alat tulis.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai beberapa inspirasi unik kreasi kerajinan tangan dari barang bekas. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikanmu tambahan inspirasi untuk mengolah bahan bekas menjadi sesuatu yang unik. Selamat mencoba!

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019