5 Tempat Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dikunjungi

920

5-Tempat-Wisata -Kuliner-Surabaya-yang-Wajib-Dikunjungi (6)Hariannusantara.com – Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Sebagai Kota Metropolitan, Surabaya memiliki berbagai daya tarik yang kuat. Selain memiliki banyak lokasi bersejarah, Kota Surabaya juga memiliki wisata Kuliner yang patut dicoba. Berikut ini list wisata Kuliner ada di Kota Surabaya

1.Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas Kota Surabaya yang tak boleh dilewatkan. Salah satu tempat populer yang menjual kuliner khas Surabaya ini adalah di Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang teretak di jalan Prof. Dr. Moestopo.

Tempat makan ini telah berdiri sejak tahun 1956, dan saat ini telah dikelola oleh generasi ketiga. Meski demikian rasa dari lontong balap Pak Gendut masih tetap sama sepert pertama kali dijual. Perpaduan antara lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petis sangat pas. Sebagai pelengkap ada juga sate kerang dan es kelapa muda yang semakin memanjakan lidah anda saat menyantapnya.

5-Tempat-Wisata -Kuliner-Surabaya-yang-Wajib-Dikunjungi (3)
Lontong Balap Garuda Pak Gendut

2.Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate Klopo Ondomohen terletak di Jalan Walikota Mustajab No.36 yang juga berada dekat dengan balai Kota Surabaya. Sesuai dengan namanya sate klopo ditaburi dengan kelapa parut sangrai/ serundeng diatas sate yang disajikan. Adanya irisan cabe, irisan bawang dan saus kacang semakin menambah cita rasa dari sate klopo ini. Untuk anda yang tidak menyukai daging kambing, Sate Klopo Ondomohen juga menyediakan sate ayam sebagai alternatif pilihan anda.

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

3.Soto Lamongan Cak Har

Mendengar namanya, kuliner satu ini sudah dapat ditebak bukanlah kuliner khas Surabaya. Namun Soto Lamongan cak har sangat terkenal dan banyak diminati oleh warga asli Surabaya maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Surabaya.

Lokasi Soto Lamongan Cak Har sendiri sebenarnya berada di Jalan Arif Rahman Hakim, kemudian seiring dnegan peminatnya yang semakin banyak, Lokais Soto Lamongan Cak Har membuka Cabang di Jalan Ir. Soekarno.

Adapun perbedaan Soto Lamongan Cak Har dnegan soto lain adalah kuah uah soto menggunakan santan sehingga lebih kental dan gurih. Selain itu, taburan koya pun menambah nikmat santap kuliner Anda. Untuk toping didalam soto pmbeli juga memiliki banyak pilihan diantaranta jeroan, daging ayam, brutu, kulit sampai ceker ayam.

Hal lain yang menarik dari Soto Lamongan Cak Har adalah pembeli bisa bebas meminta tulang ayam/ balungan secara gratis.

Soto Lamongan Cak Har
Soto Lamongan Cak Har

4.Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Tak lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa menikmati kuliner satu ini, Rujak Cingur merupakan makanan khas Kota Surabaya yang sangat terkenal. Kuliner khas Surabaya berbahan cingur atau hidung sapi ini mudah ditemui di banyak tempat makan, tapi sebaiknya Anda datang ke Jalan Ahmad Jaiz No. 40.

Rujak Cingur ahmad Jaiz telah dibuka sejak tahun 1970an oleh Myonya Giok Tjoe dan hingga saat ini bumbunya masih diulek sendiri oleh Nyonya Tjoe. Sehingga rasa dari rujak cingur tersebut tidak berubah hingga saat ini.

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal dari harga rujak cingur di tempat lain, namun kelezatan rujak cingur di tempat ini membuat anda merasa uang yang Anda keluarkan sepadan dengan rasanya. Di sini, cingur diolah dengan teknik khusus sehingga teksturnya lebih empuk, kenyal dan tak berbau amis.

5-Tempat-Wisata -Kuliner-Surabaya-yang-Wajib-Dikunjungi (5)5.Nasi Bebek ‘Sayang Anak’ Cak Yudi

Tempat kuliner satu ini terletak di alan Tanjung Torowitan No. 39 ini hanya buka sebentar saja, mulai pukul 15:00 sampai 18:00. Ciri khas dari nasi bebek ini adalah adanya sambel pencit yang disajikan bersama bebek yang disajikan. Nasi bebek ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1982 dan rasa dari nasi bebek disini masih memiliki rasa yang sama, dengan daging bebek yang empuk, gurih dan tanpa bau amis.

Karena itu, nais bebek cak yudi selalu ramai pembeli dan tak jarang banyak pembeli yang kecewa karena kehabisan nasi bebek ini

Nasi Bebek 'Anak Sayang'
Nasi Bebek ‘ Sayang Anak’

Jadi, jika anda berkunjung ke Surabaya tentunya sangat sayang jika anda tak mencicipi maskana- makanan khas ini.