Sirkuit Dipenuhi Kabut Asap, MotoGP Sepang 2015 Terancam Gagal

566

Kondisi-Sirkuit-Dipenuhi-Kabut-Asap-MotoGP-Sepang-2015-Terancam-Gagal

Hariannusantara.com – Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia memberi dampak yang cukup buruk pada negeri tetangga. Sindiran terhadap pemerintah Indonesia pun banyak berdatangan di dunia maya. Melalui media twitter, netizen negeri dua negara tetangga Malaysia dan Singapura beramai – ramai menggunakan tagar #TerimaKasihIndonesia sebagai bentuk protes mereka terhadap pemerintah Indonesia.

Malaysia pun cukup khawatir atas musibah kabut asap yang juga menyebar hingga ke negaranya. Pasalnya gelaran seri MotoGP, Minggu (25/10) akan diadakan di sirkuit Sepang Malaysia. Hingga Sabtu pagi, kondisi kabut asap di sirkuit Sepang masih tebal.

Melalui perwakilannya, pihak Malaysia mengungkapkan agar pemerintah Indonesia segera mengatasi asap yang menyebar hingga ke negara lain termasuk Malaysia.

Presiden Sirkuit Internasional Sepang, Tan Sri Mokhzani Tun Dr Mahathir, mengatakan jika kabut asap yang berasal dari Indonesia saat ini dapat mengancam jalannya balapan MotoGP Malaysia 2015. Dirinya pun berharap besar pemerintah Indonesia segera merespon dengan melakukan tindakan komprehensif dalam memdamkan kebakaran hutan sebagai penyebab kabut asap yang menyebar.

“Saya berharap akan ada solusi, dan kebakaran bisa dipadamkan secepat mungkin. Jelas jika Anda melihat asap di sekitar sirkuit, ini tidak menyehatkan bagi semua orang,” ucap Tan Sri Mokhzani.

Tan Sri Mokhzani juga menambahkan agar pemerintah Indonesia memastikan Malaysia tidak lagi terkena imbas kebakaran hutan ini. Asap yang menyebar hingga ke negara lain merupakan asap yang sangat berbahaya karena mengandung gas yang dapat mengganggu saluran pernapasan jika dihirup dalam jangka waktu yang lama.

“Kami belum tahu apa pengaruhnya terhadap kesehatan untuk jangka panjang. Jadi saya berharap akan ada solusi dan memastikan ini tidak akan terjadi lagi,” tutup Tan Sri Mokhzani.