Penjelasan Race Director Moto GP Terkait Insiden Rossi dan Marquez

883

marc-marquez-vs-valentino-rossi

Hariannusantara.com – Polemik Moto GP sepang akhrinya diberi penjelasan oleh Race Director Moto GP mengenai insiden yang terjadi antara Rossi dan Marquez.

“Saya tidak akan mengutip apa yang dikatakan para pembalap (Rossi dan Marquez), namun saya bisa sampaikan garis besarnya. Jadi dari yang kami lihat, tampaknya Rossi melakukan manuver yang disengaja untuk memaksa Marc keluar trek.

Kami telah mendengar dari kedua pembalap. Marquez mengatakan ke kami dia cuma menjalani balapan yang normal dan memikirkan dirinya sendiri, beberapa kali menyalip Rossi tanpa benturan. Ini benar. Dan dia tidak punya maksud mengganggu Valentino.

Valentino, di pihak lain, mengatakan jelas baginya bahwa Marc sengaja melambat dan membuat balapan Valentino menjadi sulit. Bahwa dia memang sengaja melebar demi keunggulannya sendiri yaitu untuk meninggalkan Marquez.

Akhirnya, kami percaya kedua belah pihak bersalah. Terlepas dari yang dikatakan Marquez, kami berpendapat dia sengaja berupaya mempengaruhi laju Valentino. Namun dia sebenarnya tidak melanggar aturan apa pun. Apa pun yang kami pikirkan tentang semangat perlombaan, menurut buku peraturan dia tidak melakukan benturan. Cara menyalipnya bersih. Dia membalap sesuai aturan.

Valentino bereaksi atas apa yang dia anggap sebagai provokasi oleh Marquez dan sayangnya reaksi dia merupakan sebuah manuver yang melanggar aturan. Cara membalap tak bertanggung jawab menyebabkan pembalap jatuh. Kami percaya benturan itu disengaja. Dia mengatakan tak ingin Marquez jatuh, namun dia mengaku ingin membuatnya melebar.

“Bukti dari pihak Rossi adalah kakinya keluar dari pijakan sebagai akibat dari benturan itu. Dari semua bukti video, tidak ada rekaman jelas yang menunjukkan kakinya keluar dari pijakan karena benturan atau karena dia sengaja menendang.”