Makna Warna Sampul Paspor di Seluruh Dunia, Sudah Tahu?

866

makna-warna-sampul-paspor-di-seluruh-dunia-sudah-tahu-5Hariannusnatara.com Paspor merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki saat hendak pergi keluar negeri. Namun tahukah anda bahwa warna sampul paspor yang ada di seluruh dunia berbeda-beda? Pada dasarnya, sampul paspor terbagi menjadi empat warna utama yakni merah, biru, hijau dan hitam.

Dalam sebuah situs Business Insider, dijelaskan makna dari keempat warna utama paspor yang berada di seluruh dunia. Ternyata warna paspor tesebut diklasifikasikan berdasarkan kategori negara pembuat paspor, yang dipengaruhi oleh kondisi politik, agama, dan geografis sebuah negara. Itulah mengapa warna paspor mencerminkan identitas negara, termasuk Indonesia.

“Mayoritas paspor di dunia memiliki warna dasar merah dan biru,” tutur Vice President of Marketing Passport Index, Hrant Boghossian seperti dikutip dari situs Travel and Leisure.

Warna paspor dari masing-masing negara ini dapat dipilih oleh pemerintah. namun kesamaan warna paspor tak menjamin kesamaan “nilai” antar negara.

Contoh perbedaan “nilai” tersebut dapat dilihat pada warna sampul paspor negara Amerika dan Suriah yang sama berwarna biru. Amerika merupakan negara dengan paspor terkuat ketiga di Sleuruh Dunia, sedangkan paspor Suriah merupakan salah satu negara dengan paspor yang kekuatannya paling lemah didunia karena hanya mampu masuk ke-32 negara lain tanpa visa.

Negara Indonesia sendiri sebelumnya menggunakan sampul paspor berwarna hijau yang identik dengan negara islam. Namun saat ini sampul WNI telah berubah warna menjadi biru.

“Mayoritas negara Islam menggunakan paspor warna hijau karena pentingnya warna tersebut dalam agama mereka,” tutur Hrant dalam situs Business Insider.

Untuk lebih jelasnya mengenai warna arti dari masing-masing warna paspor yang ada di seluruh dunia berikut penjelasannya.

Merah

Meupakan warna paspor yang digunakan oleh negara-negara Uni Eropa dan beberapa negara yang tertarik didalamnya seoerti Turki. Selain itu beberapa negara Amerika Selatan seperti olivia, Kolombia, Ecuador, dan Peru. yang juga berambisi masuk kedalam negara Uni Erpa juga memiliki warna sampul paspor burgundy.

makna-warna-sampul-paspor-di-seluruh-dunia-sudah-tahuBiru

Warna biru merupakan warna sampul paspor untuk negara-negara “New World” seperti Brasil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay. Saat ini Indonesia juga memiliki warna sampul paspor biru terang.

Selain nergara di Atas, warna biru juga digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menyampuli paspornya, setelah beberapa kali berganti warna. Pada 1930-an, sampul paspor AS berganti menjadi warna hijau kemudian burgundy dan akhirnya hitam pada 1970-an. Sampul paspor warna biru baru digunakan mulai 1976.

makna-warna-sampul-paspor-di-seluruh-dunia-sudah-tahu-4Hitam

Paspor warna hitam, digunakan dibeberapa negara seperti Republik Bostwana, Zambia, dan Selandia Baru.

makna-warna-sampul-paspor-di-seluruh-dunia-sudah-tahu-2Hijau

Paspor sersampul hijau merupakan warna untuk negara Islam. Selain itu, paspor warna hijau juga digunakan oleh negara-negara Economic Community of West African States (ECOWAS) termasuk Niger dan Senegal.

makna-warna-sampul-paspor-di-seluruh-dunia-sudah-tahu-3