Tips Merawat Baterai Ponsel Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips-Merawat-Baterai-Ponsel-Agar-Tetap-Awet-dan-Tahan-Lama

Tips-Merawat-Baterai-Ponsel-Agar-Tetap-Awet-dan-Tahan-Lama

Hariannusantara.comTentu menjadi sangat menjengkelkan jika baterai ponsel tiba-tiba cepat habis. Apalagi baterai habis pada saat yang tidak tepat seperti sedang berkomunikasi dengan seseorang. Banyak hal yang dianggap sepele saat mengisi baterai ponsel yang justru berdampak buruk pada kualitas baterai ponsel. Lalu bagaimana caranya agar baterai ponsel bisa awet dan tahan lama?

Berikut ada ebberapa tips yang bisa diterapkan agar baterai ponsel tidak cepat habis. Setidaknya dengan menggunakan cara-cara berikut, baterai ponsel akan awet dalam waktu yang lama.

  1. Selalu Gunakan Charger Asli

Hal terpenting dan utama adalah selalu menggunakan charger asli ponsel, karena voltase dan ampere pada setiap charger ponsel berbeda-beda. Dengan menggunakan charger bawaan asli pengisisan daya akan lebih stabil. Memakai charger berbeda-beda dapat mempengaruhi kualitas, umur dan performa baterai ponsel.

  1. Lepaskan Pelindung Ponsel

Jika ponsel yang digunakan memakai pelindung atau casing sebaiknya dilepas sedang melakukan pengisian daya. Hal ini dikarenakan beberapa ponsel saat di-charge mengeluarkan hawa panas yang berlebih. Jika casing ponselnya tidak dilepas maka dapat menyebabkan hawa panas pada ponsel tidak terbuang.

Loading...
  1. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Di-charge

Ada beberapa orang yang tetap nekat menggunakan ponselnya saat sedang dalam keadaan pengisian. Hal ini tentunya dapat memicu berkurangnya kinerja baterai ponsel, di samping itu hal ini juga dapat menimbulkan bahaya.

  1. Hindari Baterai Agar Tidak Kosong

Jika baterai ponsel dibairkan kosong dalam waktu yang lama, hal ini dapat memperburuk ketahanan baterai tersebut. Sebaiknya, hindarkan baterai ponsel sampai benar-benar kosong. Lakukan pengisan daya jika presentase baterai ponsel sudah menunjukan angka 15 persen dan lepaskan pengisian daya jika kondisi baterai sudah menunjukkan 100 persen.