Indonesia Lolos ke Babak Semi Final Piala AFF Usai Tumbangkan Singapura

132

indonesia-lolos-ke-babak-semi-final-piala-aff-usai-tumbangkan-singapuraHariannusantara.com – Setelah mengalami perjuangan yang cukup berat akhirnya Tim Nasional Indonesia berhasil melaju ke babak semi final Piala AFF 2016 dengan menaklukan lawannya Singapura dengan skor 2-1. Indonesia sendiri sebelumnya memang telah menargetkan kemenangan sebagai harga mati agar melaju ke babak semi final setelah laga sebelumnya memperoleh hasil imbang melawan Filipina 2-2.

Pada laga yang berlangsung pada Jumat (25/11/2016) malam lalu, di Stadon Rizal Memorial sempat tertinggal terlebih dahulu oleh tim lawan pada laga terakhir penyisihan group A tersebut. Sehinga sang pelatih Alfred Riedl melakukan beberapa perubahan untuk membalik angka agar dapat maju ke babak selanjutnya. Riedl memutuskan untuk mencaangkan Lerby Eliandry dan menggantinya dnegan Stefano Lipally.

Peluang pertama Indonesia berasal dari tendnagan bebas Lilipaly pada menit kelima, namun saynagnya terndangan tersebut masih membentur mistar gawang. Kesempatan selanjutnya muncul dai Boaz dengan memanfaatkan bola rebound namun hasilnya masih sama nihilnya.

Dibalik permainan menyerang yang ditampilkan Indonesia, Tim Garuda justru harus mengalami kebobolan pada menit ke 27 melalui tendangan akrobatik Khairul Amri dari umpan lemparan ke dalam yang tak mampu di tepis oleh Kurnia Mega.

Tiga menit berselang, sebenarnya Indonesia memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan dari tendangan bebas yang dilepaskan Lilipaly dari luar kotak penalti. Namun syangnya tendangan Lilipaly lagi lagi masih bisa ditepis oleh kiper lawan. Hingga peluit turun minum dibunyikan Indonesia masih tertinggal 0-1 dari Singapura.

Selepas jeda, usai tertinggal satu angka Indonesia nyaris kebobolan lagi oleh tendangan Khairul pada menit ke-48. Namun, Kurnia Meiga berhasil memenangi pertarungan dengan menepis bola.

Karena tak kunjung mendapatkan gol, Riedl kembali merubah susunan pemain dnegan mamasukkan Ferdinand, dan terbukti Ferdinand berhasil membawa perubahan. Puncaknya Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke 62 melalui kaki Andik Vermansyah.

Memasuki menit ke-70, Riedl memasukkan dua pemain baru yakni Manahati Lestusen dan Zulham Zamrun. Dengan masuknya Zulha Indonesia kembali menciptakan peluang kemenangan pada menit ke 78, namun sayangnya tendanga Zulham masih bisa ditepis oleh Sunny.

Gol kemenangan Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-87. Lilipaly melesakkan tembakan keras dengan memanfaatkan umpan Boaz di dalam kotak penalti.Skor 2-1 ini bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan bertbunyi.

Dengan koleksi empat poin, Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2016 bersama Thailand sebagai juara Group A yang berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 1-0

Susunan pemain 

Indonesia (4-4-1-1): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi (Manahati Lestusen 73′), 13-Yanto Basna, 16-Fachruddin Aryanto, 3-Abduh Lestaluhu; 19-Bayu Pradana, 6-Evan Dimas (Ferdinand Sinaga 57′); 21-Andik Vermansah, 14-Rizky Pora (Zulham Zamrum 77); 8-Stefano Lilipaly; 7-Boaz Solossa

Pelatih: Alfred Riedl

Singapura (4-4-1-1): 18-Hassan Sunny; 9-Farit Hameed, 6-Madhu Mohana, 16-Daniel Bennett, 2-Shakir Hamzah; 24-Yasir Hanapi (Shahril Ishak 76′), 14-Hariss Harun, 25-Anumanthan Kumar, 10-Faris Ramli; 21-Safuwan Baharudin; 19-Khairul Amri

Pelatih: V Sundramoorthy

Baca Juga

Klasemen Sementara Piala AFF 2016 Group A, Indonesia Juru Kunci

Premiere League Pekan 10, Chelsea Tumbangkan Southampton 2 Gol Tanpa Balas