Presiden Jokowi Lakukan Penyambutan Perdana Menteri Abe di Istana Bogor

238
Presiden-Jokowi-Lakukan-Penyambutan-Perdana-Menteri-Abe-di-Istana-Bogor
Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang

Hariannusantara.comHari Minggu (15/1/2017), Perdana Menteri Jepang Shizo Abe beserta Ibu Negara Akie Abe melakukan lawatan ke Indonesia. Pada pukul 16.00 WIB, iring-iringan PM Abe memasuki halaman Istana Bogor. Iringan PM Abe beserta istri langsung disambut oleh pasukan berkuda dan juga Pasukan Nusantara yang menggunakan pakaian adat. Tidak hanya itu saja, rombongan PM Jepang ini juga disambut hangat 200 siswi yang mengenakan pakaian adat yang mengibarkan bendera merah putih dan bendera Jepang.

Presiden Jokowi langsung menyalami PM Abe setibanya di halaman Istana. Hal serupa juga dilakukan oleh Ibu Negara kita, Ibu Iriana Jokowi. Presiden Jokowi mengajak PM Abe untuk berkeliling Istana Kepresidenan Bogor sambil menjelaskan beberapa peninggalan-peninggalan yang masih ada di Istana Bogor tersebut. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh para menteri antara lain Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM.

Jika Presiden Jokowi menunjukkan keindahan Istana Bogor kepada PM Abe, Ibu Negara Iriana juga menunjukan keindahan kerajinan tangan asli Indonesia. Ibu Iriana mengajak Akie Abe untuk melihat kerajinan tangan khas Indonesia seperti kerajinan perak Lombok, batik Solo, Batik Madura, kain ikat Flores, songket Palembang dan beberapa kerajinan tangan lainnya. Akie Abe terlihat sangat antusias saat ‘dipameri’ kerajinan tangan oleh Ibu Iriana. Tidak hanya melihat, Akie Abe juga belajar membatik di atas kain, Akie Abe menuliskan inisial namanya.

Pada pertemuan yang digelar kemarin sore tersebut, Presiden Jokowi dan PM Abe membahas beberapa kerja sama yang akan merekatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang. Selain kerjasama ekonomi, mereka juga membahas isu regional seperti keamanan dan stabilitas kawasan untuk menguatkan peran East Asian  Summit. Dalam kesempatan itu, PM Abe juga menyinggung masalah Laut China Selatan. Tidak hanya itu, sebagai negara maritim, Indonesia dan Jepang juga akan membahas kerja sama kemaritiman.

Baca juga:

Sambut Kedatangan Perdana Menteri Jepang, Jokowi Bahas Kerjasama Ekonomi