Tolak Penggusuran, Anies Baswedan-Sandiaga Uno Tawarkan Urban Renewal

350
anies-baswedan-sandiaga-uno-siap-lawan-ahok-djarot-dan-agus-sylviana-dalam-pilkada-dki-2017
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Hariannusantara.com – Pada setiap kali kampanye, semua pasangan akan calon mengungkapkan visi misi, program kerja, serta janji-janji jika mereka terpilih nanti. Hal tersebut juga dilakukan oleh pasangan Cagub Cawagub Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Dalam kesempatannya Anies menegaskan bahwa mereka tidak akan melakukan penggusuran jika nanti diberi amanah oleh warga Jakarta.

“Kita bukan menghilangkan orang miskin, tapi menghilangkan kemiskinan. Jadi kita akan tegas tidak akan melakukan penggusuran. Yang akan kita lakukan adalah urban renewal,” beber Anies Baswedan, Jumat (13/1/2017).

Sedangkan untuk menangani pemukiman warga Jakarta, Anis dan Sandiaga menawarkan solusi urban renewal. Urban renewal yang diusulkan oleh Anis dan Sandiaga akan menekankan pada penataan kota sehingga tidak akan ada lagi lahan yang dikosongkan. Karena dalam proses penggusuran itu, pemerintah harus memperhatikan hak dan penghidupan warga yang terkena dampaknya. Selain itu, pengelolaan nasib juga harus diperhatikan termasuk juga anak-anak, pendidikan dan kesehatan mereka.

“Dengan tegas kami tidak akan melakukan hal yang bertentangan. Pemindahan dengan memperhatikan haknya, prioritas kita pada peremajaan. Berbagai tempat di dunia mengalami hal yang sama,” tegas Anies.

Menurutnya kebijakan Urban renewal dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan kebijakan pemerintah DKI saat ini. Karena warga yang tinggal di bantaran sungai misalnya, mereka tinggal di sana selama 5-10 tahunan. Jadi penggusuran akan memiliki dampak buruk bagi mereka yang tinggal di sana. Anies juga mengungkapkan bahwa selama ini pemerintah masih kurang adil terhadap hak-hak  warga yang terkena gusur.

Baca juga:

Disebut Dosen Di Acara Debat, Anies Baswedan: “Dosen Harus Dihargai”

Hujan Sindiran Di Debat Perdana, Ahok Sebut Anies Baswedan Sebagai ‘Dosen’

Urutan Nomor Urut Pilkada DKI 2017, Agus-Sylvi, Ahok-Djarot, Anies-Sandiaga