Buat Pesawat Jenis CN, PT.Dirgantara Indonesia Mulai Unjuk Gigi

408
Buat-Pesawat-Jenis-CN-PT.Dirgantara-Indonesia-Mulai-Unjuk-Gigi
PT.Dirgantara ndoneisa

Hariannusantara.com PT.Dirgantara Indonesia yang merupakan peusahaan manufacturing pesawat terbang milik Indonesia, patut untuk diacungi jempol. Pasalnya, PT.Dirganatara Indonesia telah rempungkan pesawat jenis CN-219  yang berkapasitas 19 orang yang rencananya diterbangkan perdana tahun ini.

PT.Dirganta Indonesia tidak puas sampai disitu saja, kini PT.Dirgantara Indonesia tengah mempersipakan 3 rancangan pesawat yankni CN-235, CN-245, dan CN-295. Untuk pesawat jenis CN-235 dan CN-295 akan difungsikan sebagai pesawat sipil dan militer. Sedangkan pesawat CN-245 akan digukan untuk penerbangan komersil.

Pesawat CN-245 ini merupakan pengembangan lanjutan dari pesawat CN-235. Flight Deck CN-245 mengadobsi kaca kokpit sistem teknologi canggih sehingga dapat menjamin keselamatan penerbangan. Pesawat CN-245 diharapkan dapat menandingi ATR 42-600. Pesawat ini memiliki kapasitas 40 orang, dengan demikian pesawat ini sangat cocok untuk menghubungkan kota-kota kecil di Indonesia.

PT.Dirgantara Indonesia juga menggandeng Airbus untuk mendaftarkan CN-245 ke European Aviation Safety Agency‎ (EASA) untuk merndapatkan sertifikasi, setelah itu baru pesawat ini dapat melakukan penerbangan perdana. Direktur PT.Dirganatara Indonesia, Budi Santoso, menegaskan bahwa CN 245 murni buatan engineer dalam negeri.

“Ini murni yang mendesign kita, engineer-engineer kita semua yang memproduksi pesawat ini. Nantinya Airbus hanya bantu sertifikasinya,” kata Budi, Selasa (24/1/2017).