Sepak Terjang Sumiyati, Irjen Perempuan Pertama yang Dilantik Kementrian Keuangan

256
Sepak-Terjang-Sumiyati-Irjen-Perempuan-Pertama-yang-Dilantik-Kementrian-Keuangan
Irjen Sumiyati

Hariannusantara.com Bertempat di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Sri Mulyani yang menjabat sebagai Menteri Keuangan melantik dua pejabat eselon I yakni Inspektur Jenderal (Irjen) dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) pada hari Senin (23/1/2017). Inspektur Jendral dijabat oleh Sumiyati dan Kepala BPPK dijabat oleh Astera Primanto.

Sri Mulyani menuturkan bahwa kedua jabatan tersebut merupakan aspek pentig dalam pengembangan sumber daya manusia di badan Kemenkeu. Dengan ada nya pengembangan SDM yang baik maka diharapkan Kemenkeu menjadi institusi yang tetap maju seiring dinamika perkonomian.

“Saya ingin dua pejabat ini menjadi leader dan manajer yang menjalankan fungsi secara loyal, dedikatif, dan penuh integritas. Kalau ada satu atau dua orang jajaran yang berkhianat, melakukan tindakan korupsi, kemudian kita cegah,” papar Sri Mulyani.

Ia juga memaparkan jika Sumiyati merupakan Irjen perempuan pertama di lingkungan Kemenkeu. Sebelumnya dilantik sebagai Irjen, dirinya menjabat sebagai BPPK. Selain itu, pada tahun 2002 lulusan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Bimbingan Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah.

Pada tahun 2007, Sumiyati diamanahi tugas sebagai Kepala Sekso Pola dan Standar Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Tiga tahun kemudian Sumiyanti dipromosikan sebagai Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Di tahun yang sama dirinya juga menjadi Plt Biro Perencanaan Keuangan Sekretariat Jenderal. Baru setahun Sumiyati menjabat sebagai Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, kemudian dirinya kembali mendapatkan promosi sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

“Bu Sumiyati adalah Irjen perempuan pertama di Kemenkeu,” ujar Sri Mulyani.