Anies-Sandi Canangkan Program Rp 5 ribu dari Anies-Sandi Untuk Solusi Kemacetan Jakarta

234
anies-baswedan-sandiaga-uno-siap-lawan-ahok-djarot-dan-agus-sylviana-dalam-pilkada-dki-2017
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Hariannusantara.com – Sudah tidak asing jika mendengar masalah kemacetan di ruas-ruas jalan di Jakarta. Masalah kemacetan Jakarta merupakan salah satu pertanyaan penting yang selalu ditanyakan kepada pasangan calon karena selama ini solusi yang dibuat belum juga menuntaskan masalah kemacetan di Ibu Kota.

Kini masalah kemacetan DKI juga tidak luput dibahas di dalam acara debak cagub cawagub DKI Jakarta putaran kedua yang diadakan di Hotel Bidakara pada hari Jumat (27/1/2017). Menanggapi masalah ini, pasangan calon dengan nomor urut 3 ini angkat bicara. Anies Baswedan menyampaikan jika mereka punya program ‘Rp5ribu keliling Jakarta’ untuk mengatasi kemacetan Jakarta.

“Kita akan menyiapkan Rp 5 ribu untuk seluruhnya. Bukan hanya busway, (tapi) mikrolet, angkot tidak harus bayar lagi sampai ke tempat tujuan. Itu terintegrasi,” ujar Anies dalam debat ronde kedua cagub-cawagub DKI.

“Kita akan bangun sistem transportasi terintegrasi artinya membayangkan warga Jakarta seperti badan, jalur transportasi pembuluh darahnya yang bisa mengalir ke seluruh bagian,” sambung Anies.

Dalam program ‘Rp5ribu keliling Jakarta’, masyarakat tidak hanya bisa menggunakan transjakarta saja akan tetapi masyarakat juga dapat menggunakan moda transportasi umum lainnya seperti mikrolet. Dalam program ini, masyarakat nantinya tidak akan lagi membayar angkutan umum ditempat tujuan. Semua angkutan umum nantinya kan terintegrasi, sehingga memudahkan para pengguna angkutan umum. Diharapkan akan banyak pengguna kendaraan pribadi yang akan beralih ke kendaraan umum, jadi kemacetan di Jakarta dapat terselesaikan.