Oppo Tundukkan Penjualan iPhone di Tiongkok

354

Hariannusantara.com Siapa yang tak kenal dengan produsen pengembang teknologi  smartphone yang bermarkas di Cupertino, Apple. Penjualan produk milik Apple dari tahun ke tahun semakin meningkat bukan hanya di negara asalnya tetapi juga di berbagai negara dunia. Sebut saja di Tiongkok, di negeri Tirai Bambu tersebut iPhone mampu merajai pasaran bahkan hingga 5 tahun berturut angka penjualannya tidak mampu dikejar oleh produsen smartphone lain.

Namun data pengejutkan yang dilaporkan dari lembaga riset Counterpoint Research menyatakanbahwa iPhone sepanjang tahun 2016 tidak lagi menduduki posisi pertama pada penjualan produk di Tiongkok. Berdasarkan pada laporan tersebut ponsel besutan Apple hanya mampu menguasai 2% pasar smartphone di Tiongkok. Jumlah penjualan produk smartphone Apple hanya sejumlah 12 juta unit saja untuk smartphone iPhone 6s.

Sementara itu di posisi pertama ada produk smartphone dari negara China sendiri yaitu Oppo yang mampu menjual 17 unit smartphone unit versi R9. Angka ini terbilang cukup mengejutkan bagi sejumlah kalangan dan semakin membuktikan jika Oppo saat ini menjadi salah satu merek yang harus dipertimbangkan di pasar smartphone global.

Oppo sendiri mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan dengan angka pertumbuhan mencapai 109%. Sementara Apple justru mengalami penurunan angka penjualan yang terbilang cukup drastis yaitu sebesar 21%. Counterpoint menilai penurunan penjualan Apple bukan karena perekonomian Tiongkok yang agak menurun sehingga berimbas pada penjualan ponsel, bahkan sebaliknya kondisi pasar smartphone di Tiongkok malah mengalami peningkatan di sepanjang tahun 2016.