Jajal Teknologi Teranyar Airbus A320NEO, Citilink Besiap Rajai Penerbangan Regional

389

Jajal-Teknologi-Teranyar-Airbus-A320NEO-Citilink-Besiap-Rajai-Penerbangan-RegionalHariannusantara.com Maskapai penerbangan Citilink kembali mendatangkan pesawat berjenis Airbus seri A320NEO. Citilink merupakan maskapai penerbangan pertama yang memiliki pesawat A320NEO. Pesawat terbaru keluaran Airbus dinilai sangat tepat untuk digunakan sebagai solusi untuk tantangan ekspansi dunia penerbangan ke kawasan regional di Indonesia.

“Armada terbaru kita nantinya juga akan digunakan untuk ekspansi Citilink ke tingkat regional. Saat ini kami tengah menggodok konsep dan melakukan persiapan agar penerbangan ke regional bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat,” jelas Direktur Citilink Indonesia, Mega Satria.

Pesawat A320NEO memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan seri terdahulunya. A320NEO dimotori oleh mesin yang lebih modern dan dapat menghemat bahan bakar sebesar 15 persen sehingga dapat menurunkan biaya operasional hingga 8 persen. Dengan demikian dapat meningkatkan kenyamanan penumpang pesawat A320NEO. Pesawat ini juga dapat mendukung penerbangan ramah lingkungan, karena pesawat ini memiliki kadar emisi yang lebih rendah.

“Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320NEO memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan seri pendahulunya, membuatnya cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota hub penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera,” terang Mega.

Meningkatnya mobilitas masyarakat modern akan berbanding lurus terhadap jumlah penerbangan domestik maupun regional, membuat tantangan tersendiri bagi maskapai Citilink. Guna mengakmodir kebutuhan masyarakat terhadap penerbangan domestik maupun regional, pihak Citilink akan medatangkan 6 pesawat A320NEO pada tahun 2016 ini. Sedangkan pada tahun 2018, Citilink akan mendatangkan 10 unit pesawat Airbus dengan seri yang sama.