Tunggal Putri dan Tunggal Putra Indonesia Pastikan Satu Tempat di Semifinal ‘Swiss Open’

266
Tunggal-Putri-dan-Tunggal-Putra-Indonesia-Pastikan-Satu-Tempat-di-Semifinal-‘Swiss-Open’
Anthony Sinisuka Ginting

Hariannusantara.com Pada pekan lalu, tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke babak semi final di turnamen ‘All England Super Series’, namun kali ini Anthony berhasil lolos hingga babak semi final pada ajang ‘Swiss Open Grand Prix Gold‘ yang di gelar di St. Jakobshalle Basel. Anthony berhasil melaju kebabak empat besar setelah menumbangkan pemain asal Denmark, Emil Holst, dengan skor 17-21, 21-15, 21-13.

Anthony yang menjadi unggulan ke 12 pada turnamen ini, akan menghadapi pemain senior asal Tiongkok, Lin Dan, pada laga semifinal nanti. Lin Dan berhasil melaju ke babak semifinal setelah menumbangkan pemain Indonesia pada babak perdelapan final. Ihsan Maulana Mustafa kalah dalam pertarungan dengan mantan pemain nomor satu dunia tersebut dengan skor 17-21, 14-21.

Selain tunggal putra, Indonesia mempunya wakil di sektor tunggal putri pada babak semifinal. Fitriani menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putri. Fitriani berhasil menekuk Mia Blichfeldt dalam laga seru selama 3 set, 12-21, 21-19, 22-20. Pada babak perempat besar nanti, ia sudah ditunggu oleh teman senegara Lin Dan, Chen Xiaoxin.

Sayangnya jejak Anthony dan Fitriani tidak diikuti oleh pemain pelatnas lainnya di sektor ganda putra dan ganda putri. Pada kedua sektor, wakil Indonesia ditumbangkan oleh pemain asal Tiongkok. Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari gagal melangkah kebabak semifinal setelah dikalahkan oleh pasangan CHEN Qingchen/JIA Yifan, 21-17, 10-21, 14-21. Sedangkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipaksa angkat koper oleh duet Chai Biao/Hong Wei, 15-21, 20-22.

Pada sektor ganda campuran, Indonesia masih memiliki satu wakil yakni Praveen Jordan/Debby Susanto. Namun Praveen/Debby belum dapat memastikan tiket menuju semifinal, pasalnya mereka belum bertanding. Unggulan kedua pada turnamen ini akan menghadapi pasangan Yong Kai Terry Hee/Wei Han Tan yang sekaligus menjadi unggulan ke enam pada turnamen ini. Siapapun yang akan keluar sebagi juara, nyatanya sudah ditunggu pasangan asal Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui yang sudah lolos terlebih dahulu.