Rekatkan Hubungan, Indonesia Akan Bangun Rumah Sakit Untuk Afganistan

301

Rekatkan-Hubungan,-Indonesia-Akan-Bangun-Rumah-Sakit-di-AfganistanHariaannusantara.com Presiden Afganistan, Mohammad Ashraf Ghani, melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 5-6 April 2017 kemarin. Pada hari Rabu (5/4/2017), Presiden RI Joko Widodo menyambut Presiden Mohammad Ashraf Ghani di Istana Merdeka. Akan ada banyak hal yang akan dibahas oleh kedua pemimpin Negara ini, salah satunya ialah usaha rekonsiliasi untuk perdamaian. Presiden memaparkan jika Indonesia siap berbagi pengalaman dengan Afghanistan seputar rekonsiliasi untuk perdamaian, saat melakukan konferensi pers.

“Pembangunan rumah sakit Indonesia di Afganistan akan menelan biaya kurang-lebih Rp 16 miliar dan ini akan kita mulai segera tahun ini, setelah Indonesia Islamic Center di Kabul selesai,” kata Jokowi, Rabu (5/4/2017).

Dalam pertemuan kenegaraan tersebut, Indonesia dan Afganistan juga menjalin kerjasama di bidang medis. Presiden Jokowi telah menyetejui pembangunan rumah sakit di Indonesia. Rencanya pembangunan rumah sakit tersebut akan dimulai pada tahun ini. Untuk membangun rumah sakit tersebut, pemerintah Indonesia mengucurkan dana sebesar Rp 16 miliar. Presiden Jokowi menambahkan jika kerjasma yang terjalin antara Indonesia-Afganistan merupakan bukti jika stabilitas politik, ekonomi, dan kepemimpinan Indonesia baik di mata internasional.

“Itulah saya kira yang dilihat negara lain terhadap kita. Stabilitas politik, stabilitas ekonomi, dan kepemimpinan Indonesia di kawasan, saya kira menjadi sebuah rujukan kenapa banyak presiden, PM, itu berkunjung ke Indonesia,” kata Jokowi.

Kerja sama yang terjalin antara Indonesia-Afganistan tidak sebatas di bidang kesehatan saja namun juga di bidang pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyampaikan jika Indonesia akan menyediakan beasiswa bagi pelajar berprestasi di Afganistan untuk melanjutkan pendidikannya di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

“Melanjutkan apa yang disampaikan oleh Presiden, bahwa Pemerintah Republik Indonesia akan memberikan beasiswa sebanyak 100 pelajar dari Afganistan untuk studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” kata Muhadjir.