Parade Pesona Kebangsaan 2017 Jadi Ajang Napak Tilas Perjalanan Bung Karno

219

Parade-Pesona-Kebangsaan-2017-Jadi-Ajang-Napak-Tilas-Perjalanan-Bung-KarnoHariannusantara.comSalah satu event tahunan yang rutin di gelar di Tanah Air adalah Parade Pesona Kebangsaan yang digelar di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Parade ini memang secara khusus menyajikan sejarah perjalanan proklamator Indonesia yaitu Ir. Soekarno, dimana memang Presiden pertama Indonesia itu pernah berada di Ende selama menjalani proses pengasingan. Pada acara ini juga tentunya akan diadakan acara yang bertujuan untuk mengenang sosok Bung Karno.

Parade Pesona Kebangsaan 2017 ini kabarnya bakal digelar pada 1 Juni mendatang, bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga dikabarkan akan mengikuti parade ini dan berjalan sejauh 3 kilometer dari pelabuhan sampai ke pusat kota NTT. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti menjelaskan bahwa dalam acara ini juga akan menghadirkan jalur wisata yang bertujuan untuk menarik wisatawan ke NTT.

“Kegiatan Parade Pesona Kebangsaan juga dilanjutkan dengan Bulan Bung Karno selama bulan Juni, juga menghadirkan jalur wisata yang mempesona Ende. Pada tanggal 31 Mei akan ada renungan malam bersifat reflektif yang diselenggarakan di Taman Soekarno. Esok harinya mereka melakukan pelayaran fajar,” jelas Esthy, Jumat (26/5/2017).

Sementara itu kegiatan napak tilas sejarah perjalanan hidup Soekarno ini menjadi kegiatan menarik yang harus dikembangkan. Selain bertujuan untuk lawatan sejarah, parade ini juga menjadi jalur wisata alam baru untuk mengenal keindahan alam Flores. Berbagai kegiatan untuk napak tilas dikemas dalam Lintasa Gunung Meja ke Danau Kelimutu, lalu ada juga Karnaval Etnik Alam Terbuka, Lokakarya dan Pembelajaran, serta Prosesi Elang Rajawali yang menjadi simbol Garuda Pancasila. Acara ini akan digelar selama 10 hari muali dari 20 Mei 2017 hingga 1 Juni 2017.