Mau Berlibur Ke Aceh? Sebaiknya Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

148

Mau-Berlibur-Ke-Aceh-Sebaiknya-Ketahui-Hal-Ini-Terlebih-Dahulu!Hariannusantara.comBerlibur merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan bisa dilakukan bersama keluarga maupun dengan sahabat. Banyak tujuan yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata salah satunya adalah yang ada di Provinsi Aceh. Daerah yang mendapatkan julukan ‘Serambi Mekkah’ ini memang kaya akan destinasi alam yang memiliki keindahan luar biasa yang patut untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Namun jika ingin berwisata ke Aceh, ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui terlebih dahulu. Hal ini  karena daerah yang satu ini memiliki kewenangan khusus dan menjalankan beberapa hukuman khusus yang disesuaikan dengan ajaran agama Islam.

Wajib memakai hijab bagi wanita muslim

Menjalankan syariat muslim secara penuh di Aceh sehingga mewajibkan semua wanita muslim menggunakan hijab saat berada di Aceh. Memang tidak ada aturan yang menyebutkan bahwa pengunjung harus menggunakan hijab, namun guna menghormati masyarakat setempat sebaiknya jika wisatawan seorang muslim yang akan berwisata kesana sebaiknya gunakan hijab. Tak hanya bagi wanita, untuk kaum pria juga sebaiknya menggunakan celana panjang meskipun tengah berada di kawasan pantai.

Dilarang berboncengan dengan bukan muhrim

Pada tahun 2015 silam memang ketua DPRD Kabupaten Aceh Utara mengutarakan bahwa melarang warganya yang bukan muhrim untuk berboncengan. Tips bagi yang ingin berlibur di Aceh, sebaiknya menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain itu sebaiknya juga tidak melakukan hal yang diluar batas saat berwisata dengan pasangan.

Sebenarnya berwisata ke Aceh menyenangkan warganya juga cukup ramah. Namun sebagai daerah khusus Aceh memiliki kewenangan untuk menjalankan apa yang mereka yakini benar, alangkah baiknya jika wisatawan menghormati hal itu.