Museum Al-Quran Raksasa Di Palembang, Wisata Religi Tanah Air Yang Mendunia

268
Museum-Al-Quran-Raksasa-Di-Palembang,-Wisata-Religi-Tanah-Air-Yang-Mendunia
sumber gambar: Channel Muslim

Hariannusantara.comIndonesia sebenarnya merupakan salah satu Negara yang memiliki wisata yang beragam dan terkenal di kalangan wisatawan dunia. Selain dari sektor alam yang memiliki keindahan sungguh menakjubkan, Indonesia juga dikenal dengan wisata religi yang tak kalah menjadi destinasi favorit di kalangan wisatawan dunia. Salah satunya adalah Museum Al-Quran raksasa yang berada di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Museum Al-Quran raksasa ini berlokasi di Jalan M. Amin Fauzi, Soak Bujang, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Al-Quran Al-Akbar yang berbentuk raksasa ini berbentuk lembaran kayu yang dipasang seperti jendela di bangunan bertingkat lima. Keseluruhan juz dalam Al-Quran ini diukir dengan cantik diatas kayu tembesu berukuran 1,77 x 1,4 meter. Lembaran kayu itu juga dihiasi ornamen bunga khas Palembang.

Dilansir dari Tribunnews, mahakarya ini merupakan karya seni asli anak bangsa bernama Sofwatillah Mohzaib. Pria satu ini memang dikenal sebagai salah seorang yang memiliki seni kaligrafi cukup tinggi. Pembuatannya sendiri menghabiskan 45 kubik kayu tembesu dengan lembaran sebanyak 316 lembar kayu tembesu yang digunakan untuk mengukir lengkap 30 juz. Dalam setiap lembar ayat suci Al-Quran, memiliki tinggi 177 cm dan lebar 40 cm dengan berat 50 kilogram.

Pembuatan Al-Quran raksasa ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu dimulai sejak tahun 2002 hingga 2009. Sedangkan untuk anggaran dananya saja menghabiskan anggaran sebesar 1,5 milliar. Setelah pembangunan selesai, Al-Quran raksasa Palembang baru dikenalkan kepada publik menjadi wisata religi dan ditempatkan di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Palembang.