Cara Mudah Mengobati Mata Ikan Secara Tradisional

310
Ilustrasi Foto Kaki sumber loop.co.id
Ilustrasi Foto Kaki sumber loop.co.id

Hariannusantara.com – Penyakit mata ikan merupakan penyakit sejenis kutil yang biasanya terjadi pada telapak kaki. Mata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV).

Meskipun terlihat kecil namun jika di biarkan maka kemungkinan penyakit ini membutuhkan operasi untuk mengangkatnya.  Namun,  sebenarnya untuk menghilangkannya dapat menggunakan cara tradisional kok, yaitu dengan menggunakan bahan bahan herbal alami. Nah bagaimana ya caranya ladies ? yuk simak artikel berikut ladies :

  1. Getah pepaya

Salah satu cara tradisonal menghilangkan mata kaki ialah dengan menggunakan getah pepaya, selain buahnya yang bisa di makan ternyata getahnya juga dapat di manfaatkan untuk kesehatan. Caranya cuci kaki kalian yang terkena mata ikan lalu rendam dengan menggunakan air garam selama kurang lebih 15 menit, setelah selesai bilas dengan air bersih. Kemudian, oleskan getah pepaya tersebut di area yang terkena penyakit mata ikan.  Lakukan secara rutin ya ladies untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Lemon

Buah lemon yang kaya akan vitamin C ternyata dapat di gunakan untuk menghilangkan sakit mata ikan loh ladies, selama ini lemon banyak di gunakan untuk perawatan kecantikkan. Caranya pun sangat simpel, yaitu oleskan lemon yang ada airnya pada kulit yang terkena sakit mata ikan. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka kulit yang terkena mata ikan akan menjadi halus.

  1. Bawang putih

Khasiat dari bawang putih memang banyak sekali salah satunya adalah untuk mengobati sakit mata ikan. Kalian bisa menumbuk halus bawang putih tersebut lalu oleskan pada bagian telapak tangan atau kaki, selanjutnya balut dengan menggunakan kain perban atau kain kassa. Gunakan bawang putih secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menggunakan kapur sirih dan sabun

Cara ini cukup menyakitkan namun ampuh untuk menghilangkan mata ikan jadi pikirkan terlebih dahulu, namun bagi kalian yang ingin mencobanya silakan saya kasi tahu caranya yaitu campurkan sabun colek dengan kapur sirih. Campurkan kedua bahan tersbeut hingga kental, lalu oleskan pada kaki atau tangan tunggu hingga mengering. Setelah mengering  kalian bisa mengelupasnya agar mata ikan juga ikut.

  1. Rokok

Cara yang cukup menyakitkan ialah dengan menggunakan rokok, arahkan rokok yang menyala pada bagian yang terkena sakit mata akan sekita setengah sentimeter lalu tahanlah kurang lebih 5 menit. Sebenarnya bukan rokok saja, kalian juga bisa mengarahkan bagian yang terkena sakit mata ikan pada tungku tradisional sampai ada rasa akar terputus pada mata ikan.

  1. Cuka apel

Cuka apel di percaya dapat menghaluskan kulit, salah satunya ialah dapat di gunakan untuk mengobati mata ikan. Kalian cukup merendam kaki kalian pada cuka apel sekitar 20 menit lalu kalian bisa menggosokkan batu apung pada area yang terkena mata ikan.

  1. Daun dewa

Untuk menghilangkan sakit mata ikan, kalian bisa menggunakan dedaunan seperti daun dewa. Untuk caranya pun sangat sederhana, siapkan 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus, lalu lumuri pada bagian yang terkena mata ikan. Selanjutnya tutup mata ikan dengan kain perban atau kain kassa.