Tips Mengambil Foto Di Malam Hari Dengan Kamera Ponsel

128

Tips-Mengambil-Foto-Di-Malam-Hari Dengan-Kamera-Ponsel

Hariannusantara.comSmartphone saat ini yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur serta dukungan teknologi yang canggih membuatnya menjadi perangkat yang serba bisa. Salah satunya adalah dukungan sensor kamera yang disematkan dalam smartphone saat ini. Bahkan kamera smartphone sendiri terbilang cukup bisa diandalkan saat memotret benda statis dengan pencahayaan yang melimpah.

Namun saat hari mulai gelap, kualitasnya akan menurun karena cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera cenderung lebih sedikit. Sensor yang berukuran kecil menjadi faktor utama mengapa asupan cahaya di kamera smartphone menjadi jauh lebih sedikit, oleh karena itu foto yang dihasilkan menjadi lebih gelap. Meski begitu ada beberapa cara untuk menyiasatinya seperti berikut ini:

Lampu Flash LED – Memanfaatkan LED Flash yang telah banyak disematkan pada perangkat smartphone tentu saja diperbolehkan. Hanya saja cara ini tidak disarankan saat keadaan benar-benar gelap. Kondisi yang gelap saat disinari cahaya LED akan menghasilkan foto yang tampak datar dan pencahayaan yang tidak merata. Sebaiknya cari tempat atau lokasi pemotretan yang masih diterangi oleh cahaya lampu.

Sensivitas Cahaya – Naikkan angka ISO yang biasa ditemukan pada pengaturan kamera smartphone. Ketika angka ISO yang digunakan semakin besar, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak. Jika smartphone tidak menyediakan pengaturan ISO, aplikasi seperti Camera FV-5 Lite (Android) atau Pro Camera (iOS) bisa menjadi alternatif.

Kecepatan Rana (Shutter Speed) – Pengaturan kecepatan rana hanya bisa dilakukan dengan smartphone yang telah mendukung pengoperasian secara manual atau mode pro. Sama seperti ISO, shutter speed juga bisa digunakan untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.