Kenali Penyebab Smartphone Jadi Lemot!

105

Kenali-Penyebab-Smartphone-Jadi-Lemot!

Hariannusantara.com Saat ini smartphone dengan dukungan performa yang cepat serta kinerja terbaik dan anti lemot merupakan impian setiap orang. Sayangnya meski memang telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih masih banyak pengguna yang mengeluhkan kinerja smartphone yang lemot. Namun hal ini ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusung pada perangkat, melainkan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Sebuah smartphone juga mempunyai batas pemakaian. Untuk selngkapnya, simak ulasan berikut ini:

Kerja Smartphone Melampaui Batas – Banyaknya aplikasi yang kurang kompatibel pada perangkat membuat kinerja berlebih pada smartphone untuk mengakses aplikasi ini. Sebagai contoh aplikasi editing video, aplikasi ini biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, proses edit video cukup menguras baterai karena CPU, RAM, dan pengolah grafik akan bekerja ekstra.

Membuka Aplikasi Atau Game Secara Bersamaan – Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi sebelumnya membuat kinerja ponsel menjadi lemot, terlebih gim dengan kapasitas besar dengan penggunaan RAM yang besar pula.

Memori Internal Penuh – Sekilas seperti tidak ada hubungan antara performa dan memori internal. Namun dengan memori penuh akan membuat performa jadi lambat karena ruang yang sempit, terlebih jika harus menyimpan file sehingga smartphone tak bisa bekerja secara maksimal.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan – Multitasking merupakan fitur yang sangat memudahkan pengguna dalam aktifitas ponsel. Namun jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background akan menyebabkan kinerja ponsel jadi lambat karena proses ini juga memakan RAM.

Sebaiknya memang smartphone digunakan sesuai dengan kemampuan perangkat tersebut agar lebih awet dan tahan lama. Menggunakannya secara berlebihan akan mengurangi masa aktif smartphone, atau bisa dikatakan cepat rusak.