Tips Praktis Mengobati Keseleo

370
Ilustrasi Keseleo
Ilustrasi Keseleo

Hariannusantara.com – Saat beraktivitas terkadang tiba tiba ada saja yang terjadi pada kita, misalnya saja keseleo. Keseleo pada umumnya terjadi pada kaki, tangan, dan masih banyak yang lainnya. apalagi bagi orang yang sering olahraga atau bekerja secara fisik pasti akan sangat rawan untuk mengalaminya.

Meskipun terdengar sepele, namun dampaknya akan besar. Keseleo akan mengahmbat pekerjaan kita, apalagi jika pekerjaan etrsebut menyangkut dengan kekuatan kaki atau tangan. Biasanya keseleo di ikuti dengan tanda tanda nyeri sendi, pembengkakan, sendi yang kaku, kulit menjadi berubah merah kebiruan. Nah, bagaimana cara mengobati saat keseleo ? yuk liat rangkuman berikut untuk lebih jelasnya :

  1. Menggunakan es

Salah satu cara untuk mengobati bagian tubuh yang keseleo adalah dengan mengkompresnya dengan es. Rasa dingin pada es akan membuat dara sedikit beku, dan bisa memperbaiki sendiri dengan cepat dan rasa sakit pun akan semakin berkurang.

  1. Membalut kain

Cara selanjutnya ialah dengan membalut kain pada area yang keseleo, membalut kain ini bertujuan untuk mengurangi gerakan tubuh yang terkilir agar tak sakit dan menambah parah lagi nantinya.

  1. Di lumuri jahe

Salah satu bahan herbal yang di gunakan ialah jahe, jahe sangat efektif untuk mengobati keseleo pada area tubuh. Jahe yang memiliki rasa hangat akan mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat keseleo. Caranya parut jahe kemudian lumuri pada bagian yang bengkak.

  1. Air arang

Selain menggunakan air es, kalian juga bisa menggunakan air arang untuk mengurangi pembengkakan yang di sebabkan oleh keseleo.

  1. Istirahat

Saat anda keseleo, di anjurkan untuk kesehatan. Sementara jangan melakukan aktivitas dahulu agar bagian yang terkilir tak menambah sakit.

  1. Jangan memijat ketika sedang terkilir

Ushakan jangan memijat bagian yang terkilir jika anda tak mempunyai teknik memijat, karena bila anda memaksa memijat sendiri dan terjadi kesalahan maka akan memperburuk keadaan kesleo anda.

  1. Angkat kaki

Cara berikutnya ialah dengan mengangkat kaki di atas posisi jantung anda, dengan cara meninggikan posisi pergelangan kaki maka akan membantu mengeringkan cairan yang di akibatkan oleh cedera.

  1. Jongkok

Untuk mengobatinya kalian bisa melakukan latihan seperti jongkok dengan posisi tumit bagian belakang di angkat.