Pesona ‘Blue Fire’ Kawah Ijen, Surga Tersembunyi Di Alam Banyuwangi

166
Pesona-‘Blue-Fire’-Kawah-Ijen,-Surga-Tersembunyi-Di-Alam-Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi (sumber gambar: Telusur Indonesia)

Hariannusantara.comIndonesia merupakan sebuah Negara kepulauan yang lintasi ring of fire, teramat pulau jawa yang kaya di penuhi pegunungan dan gunung yang masih aktif. Beberapa yang terkenal antara lain ialah Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Kawah Ijen. Gunung-gunung ini telah dikenal luas oleh wisatawan domestik dan asing karena keindahan alamnya.

Misalnya cerita tentang Gunung Ijen dan kawahnya yang terletak di Banyuwangi Jawa Timur. Setiap harinya Kawah Ijen tidak pernah sepi dari pengunjung. Pada hari-hari biasa pengunjung Kawah Ijen rata-rata hanya ratusan orang, namun pada week end atau hari libur bisa mencapai lebih 2 ribu orang, bahkan pada momen tertentu seperti malam pergantian tahun pengunjungnya bisa mencapai 4 ribu lebih. Setiap tahun selalu terjadi peningkatan jumlah pengunjung baik domestik maupun manca Negara, seiring dengan meningkatkan popularitas Kawah Ijen.

Kawah Ijen merupakan sebuah danau di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat proses letusan Gunung Ijen membuat kawah tersebut dipenuhi oleh air sehingga membentuk sebuah danau kawah yang sangat menakjubkan. Yang menarik adalah kawah ini berada di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa dengan diameter 6 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Di daerah Banyuwangi terdapat sebuah kawah kecil yang dinamakan kawah Wurung, terletak 10 km di bawah sebelum kawah Ijen. Daya tarik pariwisata di Banyuwangi kian bertambah seiring berkembangnya kesadaran masyarakat dalam kesadaran pariwisata di Indonesia.