Nokia 1, Android Termurah Dari Nokia Berbasis Android Go

323
Nokia-1,-Android-Termurah-Dari-Nokia-Berbasis-Android-Go
Nokia 1 Android Go

Hariannusantara.comSetelah diumumkan pada gelaran Google I/O tahun ini, Android Go akhirnya resmi meluncur pada awal Desember 2017. Sistem operasi yang satu ini diperuntukkan bagi perangkat low-end dan tentunya akan dibanderol dengan harga yang cukup murah. Salah satu smartphone yang dianggap sebagai pioner Android Go adalah Xiaomi Mi A1. Menyusul kemudian, Nokia yang kini dipegang oleh HMD Global juga tak mau ketinggalan baka meluncurkan smartphone dengan OS terbaru ini.

HMD Global dilaporkan akan menjadi bagian dari ekosistem Android Go yang diinisiasi oleh Google. Smartphone pertama HMD yang diperkirakan meluncur dengan sistem operasi (OS) Android Oreo (edisi Go) tersebut adalah Nokia 1. Hal ini sebagaimana diketahui dalam gelaran ajang ‘Mobile World Congress (MWC) 2018′ yang digelar akhir Februari lalu. HMD Global memperkenalkan Nokia 1 dengan harga yang cukup terjangkau yakni US$ 85 atau sekitar Rp 1,2 jutaan saja.

Untuk ukurannya sendiri, Nokia 1 ini memiliki layar berukuran yang cukup kecil di era modern ini dengan hanya mengusung diagonal 4,5 inch beresolusi 854 x 480 piksel. Dapur pacunya menggunakan chip quad-core MediaTek 1,1 GHz yang dipadankan dengan RAM 1 GB, dan media penyimpanan 8 GB. Spesifikasi lain mencakup baterai 2.150 mAh, slot kartu memori microSD (hingga 128 GB), radio FM, serta kamera belakang 5 MP dengan LED flash dan kamera depan 2 MP.

Nokia 1 juga menghidupkan kembali aksesori cover belakang Xpress-On yang dulu sempat populer di kalangan pengguna ponsel Nokia. Penutup punggung Nokia 1 yang terbuat dari plastik polikarbonat bisa diganti-ganti dengan Cover Xpress-on aneka warna. Nokia 1 rencananya akan mulai dijual pada April mendatang. HMD Global belum merinci jadwal peluncuran untuk masing-masing Negara.