Sambut Asian Games 2018, Sarana Prasarana Di Indonesia Bakal Rampung Juni Mendatang

137

Sambut-Asian-Games-2018,-Sarana-Prasarana-Di-Indonesia-Bakal-Rampung-Juni-Mendatang

Hariannusantara.comMelebihi rencana awal yang hanya menargetkan 89,3 % untuk bulan ini persiapan 76 venue untuk kompetisi maupun latihan serta 14 non venue yang akan digunakan di ‘Asian Games’ ke 18 ternyata mampu terselesaikan hingga 90,53 %. Keseluruhan sarana dan prasarana tersebut akan rampung pada Juni 2018 mendatang.

Pencapaian target tersebut disampaikan di Jakarta, Rabu (2/5/2018) oleh Dirgen Cipta Karya Sri Hartoyo saat ada di acara dengan tema ‘Road to 18th Asian Games 2018‘, mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

“Seperti yang sering disampaikan oleh Bapak Wapres bahwa sukses ‘Asian Games’ pada intinya ada tiga yakni sukses penyediaan venue atau infrastruktur, kedua sukses penyelenggaraan, dan ketiga sukses prestasi,” ujar Sri Hartoyo.

Sri Hartoyo juga menambahkan jika pekerjaan yang saat ini sedang dilaksanakan yaitu pembangunan dan renovasi venue yang merupakan tugas tambahan serta penyesuaian beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi penyandang difabel, seperti lift. Semua pekerjaan tersebut ditargetkan bisa selesai pada bulan Juni mendatang.

Selain itu, Sri Hartoyo juga sempat menyampaikan jika renovasi venue GBK yang dikerjakan pada tahun 2017 lalu sudah selesai 100%. Kini tinggal menyelesaikan venue Squash di komplek GBK yang baru diputuskan pada Desember 2017 yang lalu tersebut. Para pekerja sudah menyelesaikan 20% dari yang harus dilakukan. Di samping itu, untuk masalah parkir rasanya bisa diatasi dengan dibangunnya dua gedung parkir 3 lantai yang ada di kawasan Parkir Timur yang bisa memuat hingga 1000 mobil.

Selain untuk persiapan gelaran ‘Asian Games‘, renovasi komplek olahraga di GBK tersebut juga memiliki tujuan sebagai percontohan green building dan kawasan hijau guna meningkatkan kualitas ruang publik di Jakarta. Salah satu yang dilakukan yaitu pembangunan cofftea house yang bisa digunakan oleh masyarakat luas dan dipasangnya solar panel di Stadion GBK tersebut.

Seperti yang lain, pembangunan venue layar dan jetski di Pantai Ancol dan padepokan silat serta penyelesaian dari venue Velodrom, Equestrian Park, dan Baseball yang ada di Rawamangun juga ditargetkan bisa rapung pada bulan Juni 2018 mendatang.