Harian Nusantara

Intip Keunikan Ragam Rujak Nusantara

Wisata & Kuliner 1.2K View

Intip-Keunikan-Ragam-Rujak-Nusantara

Hariannusantara.comKuliner Nusantara memiliki kekayaan yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Masing-masing daerah memiliki kuliner khas, salah satu diantaranya yaitu rujak. Beberapa daerah di Indonesia memiliki rujak dengan ciri khasnya masing-masing. Ada rujak Bali yang terbuat dari rumput laut, atau rujak yang berbahan utama batok kelapa muda dari Aceh. Ada pula rujak Bangka dan rujak Ambon. Penasaran? Yuk simak ulasannay brikut ini!

  1. Rujak U Groh Aceh

Rujak U Groh yang berasal dari Aceh ini berbahan utama batok kelapa muda. Salah satu kedai yang menyajikan rujak unik ini adalah kedai milik Daspriani Y Zamzami. Rujak U Groh merupakan sajian khas di kawasan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Meski berbahan dasar batok kelapa muda, rujak ini tetap memiliki bumbu yang sama seperti rujak kebanyakan, yaitu gula merah, cabai dan kacang. Bedanya, rujak akan disiram dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sehingga rasa manis segar akan tercipta.

  1. Rujak Bulung Bali

Rujak khas Bali ini berbahan dasar rumput laut dan menggunakan kacang tolo goreng. Rujak yang memiliki sebutan rujak Bulung ini menggunakan rumput laut hijau yang sudah direbus sebelumnya. Rumput laut ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda lalu diaduk hingga rata. Sementara itu bumbu yang digunakan yaitu ulekan terasi,jeruk limau, cabai, dan garam, kemudian rujak ini akan disiram dengan kuah pindang. Dengan begitu, rujak Bulung memiliki rasa pedas, gurih, serta segar sekaligus.

  1. Rujak Natsepa Ambon

Rujak Natsepa ini kemungkinan hanya akan bisa ditemui di beberapa tempat di Ambon, Maluku. Salah satunya yaitu di daerah Pantai Natsepa. Bahan dasarnya hampir sama dengan rujak kebanyakan, yaitu buah-buahan seperti jambu, kedondong, belimbing dan nanas. Uniknya, bumbu untuk rujak Natsepa ini hanya diuleg kasar sehigga kacang terlihat masih berukuran cukup besar. Selain itu, bumbu rujak ini juga ditambah dengan sedikit parutan buah pala muda sehingga rasanya menjadi pedas asam.

  1. Rujak Bangka

Sama seperti rujak buah pada umumnya, bahan utama rujak Bangka yaitu buah-buahan seperti jambu air, mangga mengkal kelengkeng, nanas madu, jeruk liamu ciu, dan manisan kiamboy. Adanya tambahan jenis jeruk dan manisan kiamboy membuat jeruk ini berbeda dengan rujak lainnya. Untuk bumbu ulek, rujak ini menggunakan cabai merah keriting, cabai rawit merah, terasi bakar, gula pasir, dan juga garam. Jika kurang asam, bisa juga ditambahkan dengan air cuka. Meski bernama rujak Bangka, rujak ini bisa juga ditemukan di kawasan Glodok, Jakarta.

Rujak merupakan jenis kuliner yang menyatukan beberapa rasa dalam satu makanan yang siap santap. Tidak melulu berisi sayuran, terkadang rujak manis juga bisa berisi buah-buahan yang menambah kesegaran bagi siapapun yang menyantapnya. Adakah kuliner rujak di daerahmu?

Loading...
Tags
Copyright 2016 - 2018