Harian Nusantara

Pernah Harumkan Indonesia, 3 Atlet Ini Pindah Warga Negara Untuk Bela Negara Lain

Olah Raga 75.3K View

Pernah Harumkan Indonesia, 3 Atlet Ini Pindah Warga Negara Untuk Bela Negara Lain

Mia Audina

Hariannusantara.com – Memang hal itu sudah terjadi dalam dunia olahraga, di mana ada beberapa atlet memilih hengkang dan berpindah kewarganegaraan. Sebut saja contohnya dalam cabang olahraga sepakbola. Saat ini Indonesia sedang berada di masa euforia karena salah satu putra bangsa berhasil mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional, adalah Muhammad Zohri, pemuda asal NTB ini berhasil menjadi juara di IAAF World U20 Championship Finlandia. Dalam sejarah olahraga Indonesia, ada beberapa atlet berprstasi yang memilih pindah kewarganegaraan untuk membela negara lain di kejuaraan dunia. Siapa saja?

Mia Audina

Nama Mia Audina meroket pada keikut sertaanya di Piala Uber 1994. Pada Tahun 1997, Mia memutuskan menikah di usia muda dengan Tylio Lobman, lelaki warga negara Belanda. Dua tahun setelah penikahan tersebut, Mia Audina pindah ke negeri kincir angin mengikuti sang suami dan berganti warga negara menjadi warga negara Belanda.

Di Negara barunya, karier Mia semakin mengkilap. Mia sukses meraih perak di Olimpiade Athena 2004, juara Korea Open (2003), juara Japan Open (2004), Semifinal BWC 2003 dan yang paling hebat, Mia berhasil membawa tim Uber Belanda masuk final piala Uber tahun 2004, sebuah prestasi terbaik tim beregu Belanda hingga kini.

Tony Gunawan

Atlet kelahiran Surabaya, 9 April 1975 ini pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional saat dirinya berhasil merahi medali emas di Olimpiade 2000. Namun sayang, hanya berselang dua tahun setelah prestasi tersebut, Tony Gunawan secara permanen melepas kewarganegaraan Indonesia dan memilih untuk menjadi warga negara Amerika Serikat. Bahkan dirinya menjadi pelatih sekaligus pemain bulutangkis AS. Padahal banyak sekali prestasi kala Tony bermain di bawah Bendera Merah Putih, Tony Sukses meraih banyak gelar dari emas Olimpiade 2000, All England (1999), Juara Dunia (2001) dll.

Halim Haryanto

Tidak banyak informasi yang didapatkan dari pebulutangkis Halim Haryanto, namun Eks pasangan Tony Gunawan saat menjadi juara All England tahun 1999 dan juara dunia ganda putra tahun 2001 tersebut akhirnya mengikuti jejak pasangannya. Pria kelahiran Bandung, 23 November 1976 tersebut aktif mewakili tim bulutangkis AS sejak 2005.

Selain para atlet mereka di atas, masih banyak lagi anak bangsa yang bermain untuk negeri lain. Sebut saja Ronald Susilo, pemain yang mengalahkan Lin Dan di olimpiade 2004 yang kemudian lebih memilih bermain untuk Singapura. Ada juga Johan Adikusuma, adik kandung dari Alan Budikusuma yang bermain untuk Hongkong dan masih banyak lagi.

Loading...
Copyright 2016 - 2018