Harian Nusantara

Jelang Purna Tugas, Jokowi Buktikan Kualitas Kehidupan Indonesia Terus Membaik

Nasional 31 View

Jokowi-Perintahkan-Tiga-Menteri-Cepat-Tangani-Longsor-Jateng

Hariannusantara.com – Presiden Joko Widodo bahwa kualitas kehidupan manusia Indonesia selama kepemimpinannya terus membaik. Hal itu dilihat dari peningkatan peringkat Indonesia dalam hal indeks pembangunan manusia. Hal ini tentu saja menjadi bukti tersendiri di kala 4 tahun kepemimpinan Jokowi di Indonesia.

“Kita bersyukur apa yang kita kerjakan membuahkan hasil, kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam empat tahun terakhir terus membaik. Indeks pembangunan manusia meningkat dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,81 di tahun 2017. Dengan hasil itu, negara kita sudah masuk ke dalam kategori high human development,” ujar Jokowi.

Hasil tersebut membuktikan bahwa pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur saja selama ini, namun, juga mempersiapkan manusia Indonesia yang maju dan unggul. Pemerintah sangat menyadari bahwa Indonesia tidak hanya memiliki kekuatan besar dalam bentuk sumber daya alam, namun juga kekuatan besar dalam bentuk sumber daya manusia melalui 260 juta penduduknya.

Jokowi mengungkapkan, sejumlah program yang dikerjakan pemerintahannya selama 4 tahun terakhir, yakni pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang pada tahun 2017 lalu sudah menjangkau lebih dari 20 juta anak didik dan perluasan penyaluran beasiswa untuk mahasiswa. Selain di dunia pendidikan, pemerintah juga membangun manusia Indonesia yang sehat lewat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan perlindungan sosial bagi warga tidak mampu melalui peningkatan penerima Bantuan Iuran JKN dari 86,4 juta jiwa di tahun 2014 menjadi 92,4 juta jiwa pada Mei 2018.

Loading...
Copyright 2016 - 2018