Harian Nusantara

Qatar Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Akaknkah FIFA Tunjuk Indonesia?

Nasional 103 View

Qatar-Gagal-Jadi-Tuan-Rumah-Piala-Dunia-2022,-Akaknkah-FIFA-Tunjuk-Indonesia

Hariannusantara.com Enam negara Timur Tengah yang bulan lalu memutuskan hubungan dengan Qatar dilaporkan telah menyurati FIFA menuntut agar membatalkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Hal tersebut karena Qatar dianggap sebagai penghasil teroris oleh negara-negara tersebut. Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan kepada situs The Local bahwa Arab Saudi, Yaman, Mauritania, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir telah menulis surat kepada FIFA untuk menghapus Qatar sebagai tuan rumah berdasarkan Pasal 85 Kode FIFA.

Pasal tersebut memungkinkan pembatalan tuan rumah apabila dirasa dalam keadaan darurat yang mengancam penyelenggaraan hajatan sepak bola terbesar itu. Infantino juga mengatakan, negara-negara teluk telah mengancam untuk memboikot turnamen tersebut jika permintaan mereka tidak dapat ditindaklanjuti. Sebelumnya negara-negara Timur Tengah yakni Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan transportasi dengan Qatar pada Juni 2018. Mereka menuding Qatar mendukung terorisme dan Iran, walaupun pemerintahan Qatar sudah membantah tudingan tersebut.

“Negara-negara tersebut memperingatkan FIFA tentang risiko yang mengancam keselamatan para pendukung dan keamanan pemain di sebuah negara yang dituding merupakan negara terorisme,” kata Infantino kepada The Local, dikutip dari Reuters.

Baca  juga:
– Tuduh Indonesia Curang, Erick Thohir Balas Malaysia Dengan Aksi Ini
– Indonesia Panen Emas di Cabor Pencak Silat, Iran Gelar Aksi Protes!

Tujuh tahun lalu tepatnya tahun 2010, Indonesia secara resmi mengajukan bidding tuan rumah Piala Dunia 2022. Namun sayang kurangnya dukungan pemerintah terkait keamanan, membuat FIFA menolaknya pada tanggal 19 maret 2010, dan resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Melihat situasi itu, FIFA berpotensi membatalkan Qatar sebagai tuan rumah. Hal tersebut ternyata membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah menggantikan Qatar menurut Ketua Umum Masyarakat Sepakbola Indonesia (MSBI), Sarman El Hakim.

Loading...
Copyright 2016 - 2018