Harian Nusantara

Bahaya! Daftar Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Ulang

Informasi 20 View

Bahaya! Daftar Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Ulang

Hariannusantara.comBagi banyak kalangan tentunya masih sering memanaskan makanan yang tersisa karena beberapa hal. Salah satu alasannya jika makanan sisa tersebut dibuang akan mubadzir. Makanan-makanan tersebut menjadi hilang nilai gizinya. Tidak semua makanan itu bisa dipanaskan. Ada beberapa makanan yang menjadi tidak sehat jika dipanaskan, yaitu:

Bayam

Bayam mengandung zat kimia nitra yang akan berubah menjadi asam nitrat jika dipanaskan. Asam nitrat yang dipanaskan mengandung racun, selain itu juga berubah menjadi nitrosamine. Nitrosamine adalah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dan membuat darah sulit membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ayam dan telur

Ayam dan telur jika dipanaskan, maka kandungan yang ada didalamnya akan hilang. Komposisi proteinnya akan berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh. Tips untuk menghangatkan sisa ayam adalah dengan menggunakan microwave dan sampai ke bagian tulangnya panas sebelum dimakan. Sementara telur yang dipanaskan akan menjadi racun bagi tubuh. Telur yang sudah diolah dengan cara apapun sebaiknya jangan dipanasi lagi atau dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan, karena bakteri akan berkembangbiak dan dapat membahayakan tubuh.

Kentang

Kentang yang dipanaskan akan hilang kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Jika dipanaskan secara berulang kali. Selain itu kentang yang dihangatkan lagi lalu dibiarkan mendingin sebelum disantap mengakibatkan tumbuhnya bakteri bernama C. botulinum.. Jika kentang yang mengandung bakteri ini disantap, maka dapat mengakibatkan penyakit botulism yang gejalanya adalah tubuh terasa lemah, pandangan kabur, dan sulit bicara.

Makanan Bersantan

Makanan yang mengandung santan sangat menggugah selera, tetapi jika dipanaskan kembali maka lemak baik yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol di tubuh.

Nasi

Nasi yang dibiarkan dingin terlalu lama dan tidak disimpan dengan benar bisa menjadikan timbulnya bakteri beracun bernama Bacillus cereus yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri ini bisa mengakibatkan diare, mual, dan muntah-muntah.

Baca juga:
– Tahukah Kamu, 7 Makanan Ini Bisa Membakar Lemak Tubuh Saat Kita Tidur Lho!
– Daftar Makanan Terlezat Didunia, Sudah Pernah Coba?

Dan satu lagi makanan yang tak boleh dipanaskan ulang adalah jamur. Jamur yang dipanaskan kembali sangat rentan membuat seseorang sakit. Hal ini disebabkan karena serangan mikroorganism yang ada dalam jamur. Jamur yang sudah diolah sebaiknya langsung dihabiskan.

Loading...
Copyright 2016 - 2018