Harian Nusantara

Waspada! Ini Daerah Rawan Gempa di Indonesia

Nasional 18 View

Hariannusantara.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang tergolong rentan terkena bencana alam. Salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah gempa bumi. Hal ini dikarenakan tanah air kita dikelilingi lempeng besar. Tak heran jika beberapa wilayah di tanah air menjadi daerah dengan tingkat gempa paling besar. Dan berikut merupakan daerah di Indonesia yang rawan terhadap bencana gempa bumi.

Maluku

Maluku sudah beberapa kali mengalami gempa.Bahkan, ada yang skalanya lebih dari 5 SR.

Sulawesi Tenggara Dan Sulawesi Utara

Pada tahun 2017 tercatat telah terjadi 141 kali gempa di Sulawesi Utara dan sempat menimbulkan kerusakan parah. Meski tergolong daerah rawan namun gempa yang melanda daerah ini masih cukup kecil dibandingkan dengan daerah lain.

Bali

Pulau Dewata juga termasuk daerah rawan gempa. Akan tetapi, sejauh ini tidak ada gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Nusa Tenggara Timur Dan Nusa Tenggara Barat

Tentu masih terbayang jelas di ingatan bahwa gempa bumi baru saja terjadi di Lombok, NTB, pada akhir Juli lalu. Kala itu, Lombok diguncang gempa keras berkekuatan 6,4 SR. Wilayah satu ini memang dikenal cukup rawan diguncang gempa.

Banten

Saat terjadi gempa di daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta ini di awal tahun 2018, penduduk Jakarta sempat dibuat heboh lantaran guncangan yang cukup keras.

Lampung

Pada awal tahun 2018 saja sudah cukup sering terjadi gempa bumi di provinsi ini.

Jawa Timur Dan Jawa Barat

Jawa timur tercatat telah dilanda gempa sebanyak 557 kali di tahun 2017. Masyarakat sempat dibuat panik lantaran pada akhir 2017 terjadi gempa berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang provinsi ini.

Baca juga:
– Jokowi Gandeng 400 Insinyur Untuk Bangun Rumah Ribuan Tahan Gempa di Lombok
– Tanah Lunak Dan Banyak Patahan, Jakarta Berpotensi Gempa Megathrust 8,7 SR

Selain itu daerah di Jawa lainnya yakni Yogyakarta juga menjadi salah satu wilayah dengan potensi gempa terbesar. Gempa besar sempat melanda Yogyakarta pada 2006 dan mengakibatkan banyak orang terluka bahkan meninggal dunia.

Loading...
Copyright 2016 - 2018