Harian Nusantara

Anda Merasakan  Gejala Ini? Sebaiknya Kurangi Minum Kopi

Informasi 31 View

Anda Merasakan  Gejala Ini Sebaiknya Kurangi Minum Kopi

Hariannusantara.com – Minum kopi kini menjadi tren gaya hidup masyarakat perkotaan akhir-akhir ini. Kopi yang dulu hanya banyak disukai oleh para lelaki, kini para remaja wanita pun banyak yang suka kopi. Namun ada baiknya minum kopi tidak berlebihan. Apalagi kadang ada orang yang merasakan gejala gangguan kesehatan jika minum kopi. Bila merasakan gangguan kesehatan berikut ini, seperti dilansirkan liputan6.com, sebaiknya jangan minum kopi terlalu banyak.

1. Perasaan cemas

Kopi sering kali menjadi teman setia saat kita stres akan deadline pekerjaan atau lembur di kantor. Namun The National Institute of Mental Health di Amerika Serikat menyarankan bagi Anda yang sering mengalami gangguan cemas untuk menghindari kopi ataupun minuman berkafein. Kafein dapat memperparah kecemasan dan membuat Anda tidak dapat tertidur pulas atau mencetuskan respon flight or fight tubuh.

2. Sakit perut

Jika merasa nyeri perut terutama di area ulu hati? Bisa jadi kopi yang Anda minum merupakan penyebabnya. Kopi dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri di ulu hati. Solusinya jika Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari minum kopi berlebihan.

3. Jantung berdebar

Keluhan jantung berdebar salah satunya dapat disebabkan oleh konsumsi kopi yang berlebihan. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi menyebabkan beberapa kasus keluhan jantung berdebar yang berujung pada keluhan pusing berputar dan pingsan.

4. Diare

Pada beberapa orang, kopi memiliki efek laksatif dan dapat membuat Anda buang air besar lebih sering, bahkan mengalami diare. Menurut The International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari 2 cangkir sehari dapat meningkatkan risiko Anda mengalami diare.

5. Insomnia

Ketika Anda butuh terjaga semalaman, kopi sering menjadi pilihan utama. Namun, terlalu banyak minum kopi justru akan membuat Anda susah tidur. Menurut Mayo Clinic di Amerika Serikat, kopi dapat bertahan di dalam tubuh selama 14 jam.

Baca juga:
– Mitos Atau Fakta Tidur Siang Bisa Bikin Awet Muda?
– Deretan Wisata Malam Terbaik Di Asia Tenggara

Gejala lainnya yang juga harus Anda waspadai adalah nyeri kepala. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi lebih dari 500 mg kafein (setara dengan 5 cangkir kopi) justru dapat membuat Anda mengalami sakit kepala dan badan lemas. Selain kopi, perhatikan juga sumber kafein lainnya seperti teh, soda atau minuman berenergi.

 

Loading...
Copyright 2016 - 2018