Harian Nusantara

Konsumsi Buah-Buahan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Informasi 21 View

Jus-Buah-Pencerah-Kulit-Kering-dan-Kusam

Hariannusantara.comKolesterol bagi masyarakat umumnya dianggap sebagai sumber pemicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Penyakit ini paling banyak ditakuti orang karena dampaknya bisa sampai menyebabkan kematian. Kolesterol adalah lemak esensial yang bertugas membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Misalnya, membantu sel agar tetap sesuai struktur dan membantu kelenjar tubuh dalam memproduksi hormon. Namun, bagi Anda yang memiliki kecenderungan kolesterol tinggi, jangan khawatir. Mulai sekarang Anda dapat berupaya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi jenis buah-buahan ini.

1. Apel

Apel termasuk buah yang mengandung kadar pektin sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain pektin (serat larut yang bersifat menurunkan LDL), kulit apel juga mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang bekerja memperlambat oksidasi LDL (low density lipoprotein). Oleh karena itu, makan satu atau dua buah apel per hari yang tidak dikupas kulitnya dapat memperlambat oksidasi LDL.

2. Grapefruit merah

Banyak orang yang menganggap grapefruit adalah jeruk bali. Padahal, jeruk bali dan grapefruit adalah dua buah yang berbeda. Untuk menurunkan kolesterol, lebih disarankan untuk mengonsumsi grapefruit, khususnya yang isinya berwarna merah. Buah yang satu ini mungkin masih jarang ditemukan di pasaran, tetapi manfaatnya dalam menurunkan kolesterol dapat diandalkan.

3. Kedelai

Kedelai adalah satu-satunya jenis kacang-kacangan yang memiliki protein nabati lengkap, setara dengan daging. Jenis kacang-kacangan yang satu ini bebas kolesterol, kaya akan serat, dan rendah lemak jenuh. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi kedelai tiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jenis LDL sebesar 8-10 persen.

4. Tomat

Likopen, zat yang memberi warna merah pada tomat, selain dikenal membantu melawan kanker juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dikatakan dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebanyak 10 persen. Meskipun fakta ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda menjadwalkan konsumsi likopen yang ada dalam tomat tiap harinya.

Baca juga:
– Asam Urat Dan Mata Minus Minggat Dengan Mengkonsumsi Buah Ajaib Ini!
– Kaya Akan Antioksidan, Ini Manfaat Luar Biasa Daun Kelor Untuk Kesehatan

Dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan diatas tentu saja diharapkan agar kadar kolesterol Anda tetap berada pada kisaran angka normal sehingga bisa menjauhkan sederet resiko penyakit. Semoga bermanfaat!

Loading...
Copyright 2016 - 2018