Harian Nusantara

Usai Diterjang Tsunami Hebat, 4 Daerah Ini Kini Sudah Kembali Bangkit

Nasional 30 View

Usai-Diterjang-Tsunami-Hebat,-4-Daerah-ini-Kini-Sudah-Kembali-Bangkit

Hariannusantara.com Gempa dan tsunami kembali menimpa Indonesia tepatnya di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Bencana tsunami yang melanda, selalu saja meninggalkan luka mendalam bagi keluarga korban serta penduduk sekitar. Namun 4 daerah wisata ini berhasil ‘berdiri’ kembali setelah diterjang tsunami. Daerah-daerah ini kembali membangun infrastruktur dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang cukup terkenal. Dimana saja daerah tersebut? Berikut daftarnya!

  1. Aceh, Indonesia

Anda tentu masih ingat dengan kejaian gempa dan tsunami yang melanda Aceh, 266 Desember 2004 lalu. tsunami di Aceh tersebut masuk dalam bencana paling dasyat yang terjadi di Indonesia. Gempa bumi megathrust bawah laut merupakan penyebab terjadinya tsunami di pesisir Samudera Hindia saat itu. Akibat gempa bawah laut terebut, tak hanya Aceh yang terkena dampaknya, namun juga 14 negara lain. Namun, menurut catatan, Aceh merupakan daerah terdampak yang paling parah dengan jumlah korban mencapai 200.000 jiwa. Setelah berbenah, Aceh akhirnya bisa kembali bangkit. Daerah ini bahkan mendirikan beberapa situs mengenai tsunami yang digunakan sebagai peringatan sekaligus sarana edukasi. Beberapa situs tersebut yaitu Museum Tsunami, PLTD Apung, Monumen Aceh Thanks to The World dan Kapal Apung Lampulo.

  1. Phuket, Thailand

Phuket merupakan salah satu daerah yang juga ikut terdampak gempa bumi megathrust yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu. Daerah yang sudah menjadi destinasi wisata andalan Thailand ini ikut luluh lantah akibat terjangan tsunami. Korban meninggal tak hanya berasal dari warga lokal saja, namun juga para turis yang sedang berlibur di daerah ini. selain Phuket, beberapa daerah lain di Thailand yang juga terdampak gempa bumi megathrust tersebut yaitu Krabi, Ranong, Satun, Trang, dan juga Phang Nga. Meski sempat lumpuh beberapa saat, daerah ini kini sudah sepenuhnya pulih dan tetap menjadi destinasi wisata bagi paraturis yang berkunjung ke Thailand.

  1. Maladewa

Seperti halnya Aceh dan Phuket, Maladewa juga menjadi daerah terdampak tsunami di hari yang sama. Akibat tsunami terebut, dilaporkan ada 82 korban meninggal dan 40 orang dinyatakan hilang. Dibanding Aceh dan Phuket, korban di Maladewa memng terbilang lebih sedikit. Menurut warga lokal gelombang tsunami yang terjadi memiliki ketinggian ombak yang tidak masif namun tetap saja berakibat terandamnya satu pulau di sana

  1. Tohoku, Jepang

Tahun 2011 lalu, gempa berkekuatan 9,0 Skala Ritchter telah melanda Tohoku, Jepang. Akibatnya, gelombang tsunami dengan ketinggian 40,5 meter pun terjadi. Gempa bumi yang terjadi pada 11 Maret 2011 ini dilaporkan merupakan gempa terdayat yang pernah dialami Jepang bagian timur. Akibat peristiwa tersebut, sekitar 15.000 orang dinyatakan meninggal. Jumlah korban dapat ditekan karena Jepang memiliki sistem penanggulangan bencana yang baik. Namun gempa bumi ini juga memicu kebocoran Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang ada di Fukushima. Hingga saat ini, Jepang masih melakukan upaya rekonstruksi. Meski begitu, Jepang tak pernah kehilangan pesona untuk dijadikan destinasi wisata saat musim libur tiba.

Baca juga:
– Bertambah Lagi, PMI Evakuasi 21 Jenazah Korban Gempa Dan Tsunami Palu
– Penguburan Massal Korban Meninggal Gempa Palu Dimulai

Loading...
Copyright 2016 - 2018