Korban Gempa Haiti Bertambah, 14 Tewas dan 100 Terluka

Hariannusantara.comSelain di Sulawesi Tengah yang mengalami musibah gempa dan tsunami. Di bagian wilayah negara lainnya juga ada yang bernasib serupa, tepatnya adalah d Haiti utara yang baru saja diguncang gempa bumi pada Sabtu (6/10/2018) malam. Gempa tersebut menewaskan setidaknya 14 orang dan melukai 100 lainnya. Badan-badan penyelamat berpencar untuk membantu kota-kota di negara miskin itu yang dilanda gelombang kejut.

Seorang pejabat setempat mengatakan setidaknya delapan orang tewas di Port-de-Paix di perairan utara di dekat pusat gempa. Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo itu muncul di kedalaman 11,7 kilometer, menurut Survei Geologi Amerika Seriakt. Empat orang tewas di dan sekitar kota Gros-Morne di selatan, termasuk seorang perempuan yang meninggal karena serangan jantung setelah gempa, kata pihak berwenang setempat.

Satu warga di kota Chansolme tewas ketika sebuah rumah rubuh sementara satu lainnya tewas di Saint-Louis-du-Nord. Tim-tim penyelamat berpencar untuk membantu para warga, yang banyak di antaranya masih mengalami trauma akibat gempa sangat parah pada 2010. Port-de-Paix, Gros-Morne dan kota Chansolme serta pulau Tortuga di utara merupakan daerah-daerah yang terdampak paling parah oleh gempa tersebut, kata badan perlindungan sipil Haiti dalam pernyataan.

“Getaran dirasakan di seluruh negeri dan menimbulkan kepanikan di beberapa kota,” kata badan tersebut.

Loading...

Baca juga:
– Bertambah Lagi, PMI Evakuasi 21 Jenazah Korban Gempa Dan Tsunami Palu
– Palu Kembali Diguncang Gempa Susulan

Presiden Jovenel Moise mengimbau rakyatnya untuk tetap tenang. Ia mengatakan di Twitter bahwa dirinya telah memerintahkan semua sumber daya yang dimiliki republik untuk diarahkan membantu upaya pemulihan. Sedangkan pada Minggu (7/10/2018) pagi, Moise mengatakan ia sedang berada dalam perjalanan ke Port-de-Paix dan Gros-Morne. Beberapa rumah di daerah-daerah yang terdampak paling parah hancur karena gempa sementara sebuah gereja di kota utara, Plaisance, juga roboh kata badan tersebut.