Harian Nusantara

Penuhi Panggilan Polisi, Amien Rais Nilai Ada Hal yang Janggal

Nasional 24 View

Penuhi-Panggilan-Polisi,-Amien-Rais-Nilai-Ada-Hal-yang-Janggal

Hariannusantara.com Amien Rais, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) menilai jika pemanggilan dirinya sebagai saksi atas kasus hoaks Ratna Sarumpaet agak janggal. Pasalnya pada surat pemanggilan tersebut, tanggal yang tertera yaitu 2 Oktober 2018.

“Saya sampaikam kepada masyarakat Indonesia, saya tadi malam lihat Bapak Irjen Pol Setyo Wasisto menyatakan bahwa saya dipanggil berdasarkan keterangan Ratna Sarumpaet. Ini videonya, ini nanti anda cari sendiri. Ini kita lihat surat panggilan untuk saya tertanggal 2 Oktober ya,” ujar Amien di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Amien melanjutkan, hal tersebut dinilainya janggal karena Ratna Sarumpaet sendiri baru ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka pada 4 Oktober 2018.

“Ini sangat amat janggal sekali. Karena RS (Ratna Sarumpaet) pada tanggal itu belum memberikan keterangan apa pun kepada polisi, sedangkan surat panggilan saya sudah jadi duluan,” katanya.

Sebelumnya, Amien diketahui mangkir dari panggilan Polda Metro Jaya. Namun ia kemudian memenuhi panggilan kedua sebagai saksi atas kasus penyebaran berita hoaks Ratna Sarumpaet pada Rabu (10/10/2018). Amien tiba di Polda Metro Jaya tepat pada pukul 10.12 WIB. Pada proses pemeriksaan tersebut, terlihat massa alumni 212 ikut mendampingi Amien Rais. Massa tersebut menggelar aksi di depan Polda Metro Jaya.

Pada hari Selasa (2/10/2018), Amien Rais, Fadli Zon, dan Prabowo Subianto diketahui sempat bertemu dengan Ratna Sarumpaet. Kenyataan inilah yang mendasari pemanggilan Amien sebagai saksi.

Sebagai pengingat, tersangka Ratna Sarumpaet mengaku dianiaya pada 21 September 2018 oleh beberapa orang yang tak dikenalnya. Peristiwa tersebut terjadi disekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, seperti yang diakui RS. Akan tetapi, pada hari Rabu (3/10/2018) sore, RS memberikan pengakuan jika cerita penganiayaan yang dialaminya adalah sebuah kebohongan yang sengaja ia ciptakan.

Baca juga:
– Amien Rais Sesumbar Bakal Ungkap Fakta Terkait Kasus Korupsi
– Amien Rais Dipanggil Polisi, Tim Hukum Prabowo-Sandiaga Siap Dampingi

Selain Amien Rais, pihak kepolisian juga sudah memeriksa Sais Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia sebagai saksi pada kasus serupa pada Selasa (9/10/2018), sehari sebelum pemeriksaan Amien.

Loading...
Copyright 2016 - 2018