Harian Nusantara

Lama Bungkam, Ini Komentar Perdana Putra Mahkota Saudi Tentang Kematian Khashoggi

Dunia 33 View

Lama Bungkam, Begini Komentar Pertama Putra Mahkota Saudi Tentang Kematian Khashoggi

Hariannusantara.comKasus kematian salah satu jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, memang menjadi sorotan tajam dari masyarakat dunia. Bahkan sejumlah tokoh elite negara di dunia juga mengecam aksi keji ini. Dikabarkan hilang pada 2 Oktober lalu, kini sebuah fakta terungkap bahwa Khashoggi telah dibunuh saat memasuki kantor Konsulat Saudi di Turki. Bahkan kematian Khashoggi ini sempat dikaitkan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Lama bungkam atas tudingan ini, akhirnya MBS memberikan keterangannya. Ia berjanji pembunuh Jamal Khashoggi akan dibawa ke pengadilan. Ini adalah komentar pertama MBS terkait kasus Khashoggi setelah sekian lama bungkam. Pada konferensi investasi di Riyadh, MBS mengatakan bahwa Arab Saudi dan Turki akan bekerja sama untuk mendapatkan hasil dalam penyelidikan bersama atas pembunuhan kolumnis Washington Post itu.

“Insiden yang terjadi sangat menyakitkan, bagi semua orang Saudi. Insiden itu tidak dapat dibenarkan. Keadilan pada akhirnya akan muncul,” kata MBS dikutip dari laman Reuters, Kamis (25/10/2018).

Baca juga:
– Beberkan Penyebab Kematian Jamal Khashoggi, Trump Tuduh Arab Saudi Berbohong
– Pangeran Saudi: Kerajaan Bakal Cari Kambing Hitam Untuk Kasus Khashoggi

MBS menggambarkan kerja sama antara Riyadh dan Ankara sebagai sesutau yang “istimewa” meskipun ada kecaman sengit dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan para pembantunya. Beberapa jam sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan MBS mempunyai tanggung jawab utama untuk operasi yang menyebabkan pembunuhan jurnalis Saudi. Trump mengatakan dia ingin mempercayaiMBS ketika ia mengatakan bahwa para pejabat tingkat rendah harus disalahkan atas pembunuhan 2 Oktober di misi diplomatik Saudi. Namun ia menyatakan tanggung jawab ada pada level yang lebih tinggi

Loading...
Copyright 2016 - 2018