Harian Nusantara

Kenali Sejak Dini! Ini Peringatan Tubuh Akan Terjangkit Stroke

Informasi 34 View

Kenali Sejak Dini! Ini Peringatan Tubuh Akan Terjangkit Stroke

Hariannusantara.comStroke menempati urutan kedua dengan persentase sebesar 21,1 % dan penyakit jantung koroner pertama sebesar 12,9 % sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Menjadi penyakit yang mematikan, rupanya kondisi stroke ini bisa dicegah. Hal ini karena sebelum benar-benar terjadi, ada beberapa gejala di tubuh yang bisa diwaspadai sebagai tanda dini. Untuk mengantisipasinya ketahui 6 tanda peringatan yang akan dirasakan tubuh.

1. Tekanan darah tinggi

Saat tekanan darah tinggi segera waspadai karena kondisi ini bisa berujung pada stroke. Bila dibiarkan, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa merusak saraf otak atau melemahkan pembuluh darah hingga menyebabkan kebocoran atau pecah. Selain itu, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab pembentukan bekuan darah dalam aliran darah. Mekanisme inilah yang akhirnya bisa berujung pada stroke.

2. Masalah penglihatan

Penglihatan yang bermasalah bisa menjadi tanda awal dari stroke. Hal ini karena setelah stroke terjadi maslaah penglihatan bisa lebih kompleks seperti penglihatan ganda, kehilangan penglihatan pada satu mata, atau penglihatan kabur.

3. Mati rasa pada satu sisi tubuh

Waspadai bila tiba-tiba merasakan mati rasa pada satu sisi tubuh. Biasanya gejala stroke memang diawali dari mati rasa sebelah pada wajah, tangan, atau kaki.

4. Pusing atau kelelahan tanpa alasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vertigo dan pusing juga merupakan faktor umum yang dialami pasien stroke. Keadaan kebingungan dan kelelahan pun bisa menjadi tanda bahwa ada sisi otak yang terkena.

5. Migrain tiba-tiba atau sakit kepala parah

Selama stroke, aliran darah ke otak terhalang atau terputus karena adanya gangguan. Kondisi ini bisa menyebabkan robekan atau kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan migrain mendadak atau sakit kepala.

6. Kekakuan pada leher atau nyeri bahu

Pembuluh darah yang pecah di otak dapat menyebabkan leher atau bahu kaku. Cara ceknya sederhana, tempelkan dagu ke dada, bila tidak bisa sebaiknya segera diperiksakan.

Baca juga:
– Waspada! Ini Gejala Prediabetes, Selangkah Menuju Diabetes
– Konsumsi Buah-Buahan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang rentan terkena stroke. Menurut laporan oleh NCBI, orang dengan tekanan darah tingi, diabtes, jantungm dan jegemukan menjadi yang paling rawan terjangkit penyakit yang satu ini.

Loading...
Copyright 2016 - 2018