Gambar Bunga Cempaka

Magnolia champaca, atau lebih kita kenal dengan Bunga Cempaka, adalah pohon cemara besar dalam keluarga Magnoliaceae. Yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Michelia champaca. Bunga ini dikenal karena bunga harumnya, dan kayunya digunakan dalam pengerjaan kayu.

Di Indonesia dikenal sebagai cempaka. Di Filipina, secara lokal dikenal sebagai tsampaka, sampaka atau sampaga. Bunga ini biasanya dirangkai menjadi karangan bunga dan digunakan untuk menghiasi patung-patung orang suci di beberapa negara.

Nama-nama Bunga Cempaka lainnya dalam bahasa Inggris termasuk pohon parfum Joy, pohon anggrek kuning dan Himalaya champaca yang harum.

Pohon itu adalah tanaman asli dari Indomalaya ecozone, yang terdiri dari Asia Selatan, Asia Tenggara, Indocina, dan Cina bagian selatan.

Hal ini ditemukan di ekoregion hutan berdaun lebar tropis dan subtropis, pada ketinggian 200-1.600 meter (660-5.250 kaki).  Ini asli ke Maladewa, Bangladesh, Cina, India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam. Di Tiongkok, tanaman ini asli Xizang selatan dan Provinsi Yunnan selatan dan barat daya.

Loading...

Bunganya digunakan di Asia Tenggara untuk beberapa tujuan. Terutama di India, Bunga Cempaka digunakan untuk beribadah di kuil-kuil baik di rumah atau di luar, dan lebih umum dipakai di rambut oleh gadis dan wanita sebagai sarana ornamen kecantikan serta parfum alami. Bunga ini biasanya dimasukan di mangkuk air untuk mengharumkan ruangan, sebagai hiasan pengharum untuk tempat tidur pengantin, dan untuk karangan bunga.

Pohon Bunga Cempaka secara tradisional digunakan untuk membuat rambut harum dan minyak pijat. Parfum terkenal Jean Patou, ‘Joy’, parfum terlaris kedua di dunia setelah Chanel No. 5, sebagian berasal dari minyak atsiri Bunga Cempaka. Nama vernakular “Joy perfume tree” berasal dari Bunga Cempaka.

Setelah Anda mengetahui beberapa pengetahuan tentang Bunga Cempaka, berikut ini akan kami berikan gambar Bunga Cempaka yang mungkin ada beberapa jenis yang belum pernah Anda lihat sebelumnya dan membuat Anda tertarik untuk menanamnya sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Koleksi Gambar Bunga Cempaka