Harian Nusantara

Gambar bunga kembang sepatu

Gambar 54 View

Hibiscus atau bunga kembang sepatu adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga mallow dan Malvaceae. Genusnya cukup banyak, dan terdiri dari beberapa ratus spesies yang asli daerah beriklim hangat, subtropis dan tropis di seluruh dunia. Spesies Hibiscus terkenal karena bunga-bunganya yang besar dan berwarna cerah, dan spesies-spesies yang paling umuk ditanam adalah kembang sepatu, atau dan jarang orang kenal dengan nama mawar mallow. Ada juga nama-nama untuk kembang sepatu lainnya seperti seperti hardy hibiscus, dan rose of sharon.

Genusnya mencakup tanaman herba tahunan dan abadi, serta semak berkayu dan pohon kecil. Nama generik berasal dari nama Yunani ἰβίσκος (hibiskos) yang Pedanius Dioscorides berikan kepada Althaea officinalis.

Beberapa spesies dibudidayakan secara luas sebagai tanaman hias, terutama yang sering ditanam adalah jenis Hibiscus syriacus dan Hibiscus rosa-sinensis.

Teh yang terbuat dari bunga kembang sepatu dikenal dengan banyak nama di seluruh dunia dan disajikan panas dan dingin. Minuman ini dikenal dengan warna merah, memiliki rasa asam, dan kandungan vitamin C.

Daunnya memiliki bentuk bulat telur dan lancip pada ujungnya, dan daun juga bergigi atau berlubang. Bunganya berukuran besar, berwarna cerah, berbentuk seperti terompet, dengan lima kelopak atau lebih, warnanya biasanya dari putih menjadi merah muda, merah, oranye, persik, kuning atau ungu, dan bunga ini bisa memiliki lebar 4-18 cm. Warna bunga pada spesies seperti H. mutabilis dan H. tiliaceus, bisa berubah-ubah seiring bertambahnya usia. Buahnya terdiri dari lima lobus kering, mengandung beberapa biji di setiap lobus, yang akan dilepaskan ketika mengalami dehidrasi (terbelah terbuka) pada saat jatuh.

Di daerah beriklim sedang, mungkin spesies hias yang paling umum tumbuh adalah Hibiscus syriacus, kembang sepatu atau yang juga dikenal di beberapa daerah sebagai mawar Althea atau mawar Sharon tetapi jangan disamakan dengan Hypericum calycinum, juga disebut mawar Sharon. Di daerah tropis dan subtropis, kembang sepatu Cina (H. rosa-sinensis), memiliki banyak hibrida dengan warna yang cerah, dan jenis ini menjadi salah satu kembang sepatu yang paling populer.

Koleksi Gambar bunga kembang sepatu

Loading...
Copyright 2016 - 2019