Harian Nusantara

Cara Mengatasi Susah BAB Pada Bayi Usia 2 Bulan

kesehatan 175 View

Bayi yang baru lahir atau berusia kurang dari 6 bulan biasanya akan sering mengalami susah BAB, dan masalah ini terkadang membuat orang tua baru pertaka kali memiliki bayi akan merasa khawatir. Tapi jika anda sudah berpengalaman pastinya tidak akan panik ketika hal ini terjadi pada Anda.

Walaupun sudah berpengalaman ataupun belum tapi kondisi anak susah BAB saat usai 2 bulan tentunya membuat anak menjadi lebih rewel dan menangis. Sehingga moms harus menemukan cara mudah dan tepat untuk mengatasi bayi yang susah bab. Jika bayi Anda susah BAB tidak disertai dengan gejala lainnya, maka tidak perlu dikhawatirkan, karena Anda bisa mengtasi dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Usia 1 Bulan Sampai 2 Bulan

Buat Bayi Menjadi Lebih Aktif

Langkah pertama yang dapat moms lakukan ketika bayi berusia 2 bulan tidak BAB dalam waktu lebih dari 3 haria adalah dengan cara membuat anak lebih aktif.

Moms bisa membuat bayi aktif dengan cara menggerakan kaki bayi Anda dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Cara ini bermanfaat agar feses yang berada di dalam perut bisa terdorong oleh usus untuk keluar, sehingga membuat BAB bayi menjadi lancar.

Pijat Perut Secara Perlahan

Kemudian untuk cara yang kedua adalah melakukan pijatan pada perut dengan perlahan, cara memijat perut bayi ini harus dengan sangat hati-hati dan perlahan, karena jika terlalu  keras memijat perut bayi dapat menyebabkan masalah yang lebih berat. Karena itu lakukan perlahan dan hati-hati.

Mengganti Susu Formula

Selain itu ada metode mengganti susu formula agar anak bisa BAB dengan lancar lagi, karena bisa saja penyebab bayi tidak BAB adalah dari susu formula yang tidak cocok. Jadi moms harus mencoba cara ini jika buah hati tidak BAB selama lebih dari 3 hari.

Mandikan Air Hangat

Selanjutnya adalah metode yang mudah dilakukan juga di rumah, yaitu memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Karena air hangat akan membuat bayi menjadi lebih rileks dan dapat membuat bayi dengan mudah buang air besar.

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan sederhana untuk mengatasi susah BAB pada bayi usia 2 bulan, tapi ketika semua cara sudah dicoba dan tidak ada hasil yang signifikan, maka yang terbaik membawa anak ke dokter atau ahli medis terdekat.

Loading...
Copyright 2016 - 2019